Komisi 3 ‘Ngebet’ Ingin Segera Dilaksanakan PTM

oleh -
Ketua Komisi 3 DPRD Kota Sukabumi, Gagan Rachman Suparman.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Para wakil rakyat yang tergabung dalam Komisi 3 DPRD Kota Sukabumi sudah ngebet ingin segera dilaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Keinginan ini didorong oleh kenyataan, Kota Sukabumi sudah masuk zona oranye dan level 3 pada skala Pemberlakuan Pembetasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Keinginan para wakil rakyat itu terungkap pada rapat dengar pendapat antara Komisi 3 bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi dengan agenda membahas rencana PTM bertempat di DPRD Kota Sukabumi, Kamis (9/9/2021).

“Berdasarkan SKB 4 menteri, pada PPKM level 3 seharusnya PTM sudah bisa dilaksanakan. Karena itu kami ingin segera PTM diwujudkan,” kata Ketua Komisi 3 DPRD Kota Sukabumi, Gagan Rachman Suparman ketika memimpin rapat.

Pelaksanaan PTM, ujar dia, sangat dirindukan oleh masyarakat, khususnya para siswa, guru, dan orang tua. Anggota DPRD merindukan kehadiran PTM seperti masyarakat pada umumnya.

Jadi Gagan mempertanyakan, mengapa di level 3 PPKM itu PTM belum juga dilaksanakan.  Dia pun penasaran, ingin mengetahui alasan penundaan PTM di Kota Sukabumi. Politisi PDI Perjuangan ini juga bertanya tentang tingkat persiapan dan kesiapan Dinas P dan K untuk menyelenggarakan PTM.

Pertanyaan dan rasa penasaran ketua Komisi 3 itu dijawab oleh Plt Kepala Disdikbud Kota Sukabumi Cecep Masur. Dijawab Cecep, pelaksanaan PTM masih menunggu hasil verifikasi jajarannya ke sekolah-sekolah. Hingga saat ini, Disdikbud masih melakukan verifikasi.

“Tujuan verifikasi ini untuk mengecek kesiapan sekolah dalam mengadakan PTM. Intinya sekolah harus siap menjalankan protokol kesehatan dalam PTM. Kami harus memastikan para guru dan murid siap melaksanakan porotokol kesehatan,” ujar Cecep.

Semoga, kata dia, dalam waktu dekat verifikasi bisa selesai agar Disdikbud bisa mengajukan permohonan kepada Satgas Covid-19 Kota Sukabumi untuk pelaksanaan PTM terbatas di sekolah. (*)