Desa Cibodas Tuntaskan Pembagian Ratusan Kartu BPNT

oleh -
Pembagian kartu BPNT dan PKH di GOR Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Ratusan warga Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi tampak berbahagia dengan wajah berseri-seri. Mereka menerima kartu peserta program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Bank BNI dan pemerintah desa setempat.

Pembagian kartu tersebut digelar di GOR Desa Cibodas, Senin (6/9/2021). Para penerima kartu memang patut bergembira karena mereka akan menerima bantuan rutin setiap bulan berupa bantuan pangan bagi pemegang kartu BPNT dan bantuan sosial lainnya untuk peserta PKH.

“Alhamdulillah, kami telah menyelesaikan pembagian kartu BPNT dan PKH. Program ini sangat membantu warga kurang mampu sehingga kami agendakan pembagian kartu ini sebagai kegiatan prioritas,” kata Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman ketika ditemui di tengah kegiatan pembagian kartu.

Secara simbolis Kades Ujang menyerahkan kartu BPNT kepada perwakilan keluarga penerima manfaat (KPM). Setelah itu, satu per satu KPM menerima kartu dari petugas BNI yang dibantu oleh unsur perangkat desa. Pada kegiatan itu, semua penerima kartu maupun penyelenggara menerapkan protokol kesehatan.  

Jumlah penerima kartu sebanyak 219 KPM untuk BPNT dan 11 keluarga untuk PKH. Para penerima meluapkan kegembiraan dan kebahagiaan atas kartu perlindungan sosial yang diterimanya dengan berbagai cara.

Ada penerima yang tidak henti-hentinya menempelkan kartu pada keningnya. Penerima yang lainnya mengecup kartu tersebut disertai senyuman. Semua ungkapan itu sebagai bentuk rasa syukur dan bahagia.

“Mudah-mudahan kartu BPNT dan PKH ini dapat membantu warga kurang mampu untuk meringankan beban ekonomi mereka. Sudah sepantasnya kita bersyukur mendapat bantuan dari pemerintah melalui program BPNT dan PKH,” ujar Kades Ujang.

Di tempat pembagian kartu tampak hadir tim monitoring dari Kantor Kecamatan Bojonggenteng, aparat desa, tokoh masyarakat, dan Bhabinkamtibmas Desa Cibodas Bripka Sony yang mewakili unsur Polri. (*)