Masyarakat Merasa Tersiksa dengan Jalan Korban Longsor di Desa Banjarsari

oleh -
Kondisi jalan di Kampung Buniwangi II RT 14 RW 03 Desa Banjarsari, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi yang rusak parah setelah dilanda longsor tahun lalu.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Warga Desa Banjarsari mendesak pemerintah untuk segera memperbaiki  jalan yang kondisinya rusak parah di Kampung Buniwangi II RT 14 RW 03 Desa Banjarsari,  Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. Jalan tersebut hancur setelah ditimpa longsor tahun lalu. Jalan tersebut amblas dengan kedalaman kurang lebih satu meter sepanjang 30 meter.

Sejak mengalami longsor, jalan di Kampung Buniwangi II itu dalam keadaan rusak berat. Sudah setahun lamanya ruas jalan sepanjang 30 meter pada jalur tersebut sulit dilalui kendaraan bermotor karena terhalang tanah dan material longsoran lainnya. Jalan itu seakan menjadi jalur mati sebab jarang dilewati mobil atau sepeda motor.  

“Karena itu kami mendesak pemerintah untuk segera memperbaiki jalan yang rusak di Kampung Buniwangi. Sudah satu tahun, jalan tersebut dibiarkan rusak. Padahal fungsi  jalur jalan yang dilanda longsor itu sangat penting sebagai penghubung antar kampung dan desa,” kata Agus, warga Desa Banjarsari, Sabtu (4/9/2021).

Pemdes Banjarsari, ujar dia, tahu persis kondisi jalan di Buniwangi rusak berat akibat longsor. Apalagi pada saat longsor terjadi, unsur pemerintah yang pertama kali datang ke lokasi berasal dari Pemdes Banjarsari.

Seharusnya, kata Agus, Pemdes Banjarsari proaktif mencari cara untuk memperbaiki ruas jalan tersebut, baik dengan menggunakan Dana Desa atau mengusahakan dana dari kabupaten, provinsi, maupun pusat.

“Ini sudah satu tahun, tapi belum ada perbaikan. Jalan tersebut merupakan penghubung ke wilayah Desa Sinarbentang. Jadi fungsinya sangat vital. Warga tersiksa dengan kondisi jalan seperti itu,” kata Agus.

Hal yang sama dikatakan Depi juga warga Desa Banjarsari. Depi mengatakan, saat melintas jalan yang menjadi korban longsor dirinya selalu merasa was-was. Pemerintah seperti membiarkan jalan di Kampung Buniwangi itu dalam keadaan merana dan rusak.

Depi pernah mendengar ada batuan beronjong dari BPBD Kabupaten Sukabumi. Warga sekitar berinisiatif  untuk memperbaiki jalan yang rusak itu dengan memperkuat fondasinya dengan beronjong. Namun ketika warga meminta beronjong tersebut, Pemdes Banjarsari tidak memberikan respon. (*)