Sarana Prokes Terjamin, SDN Desa Cibima Siap Gelar KBM Tatap Muka

oleh -
Kepala Sekolah SDN Desa Cibima, Iwan Setiawan menyerahkan hadiah kepada orang tua siswa Nashriel Syawal Firdaus sebagai juara I lomba video kreatif perjuangan.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan Aries Setiawan

SDN Dewi Sartika Citra Bina Mandiri (Desa Cibima) Kota Sukabumi siap menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka di sekolah. Sekolah favorit ini memiliki sarana yang kuantitas dan kualitasnya terjamin untuk mendukung pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) selama KBM tatap muka.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Sekolah SDN Desa Cibima, Iwan Setiawan setelah memberikan hadiah kepada para siswa yang menjuarai lomba kreasi seni pada peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI. Lomba dilangsungkan secara virtual.

“Kami mengharapkan ada regulasi baru tentang pembelajaran secara tatap muka, mudah-mudahan Kota Sukabumi kembali ke zona aman dari wabah virus Covid-19,” kata Iwan di sela pembagian hadiah, Sabtu (21/8/2021).

Ketika di Kota Sukabumi diberlakukan pembelajaran tatap muka, ujar dia, SDN Desa Cibima siap melaksanakannya. Iwan menjamin, sekolah yang dipimpinnya memiliki berbagai sarana prokes seperti alat pengukur suhu tubuh, wastafel untuk cuci tangan, faceshield, dan masker cadangan untuk guru dan siswa. 

“Kami juga siap mengatur posisi para siswa agar jarak duduk mereka tidak kurang dari 1,5 meter,” ujar Iwan.

SDN Desa Cibima juga siap melaksanakan prokes selama pelaksanaan PTM yaitu sebelum masuk kelas, selama di dalam kelas, dan setelah pelajaran usai. Pihaknya, kata Iwan, sudah membuat prosedur dan mekanisme untuk para guru dan siswa selama berada di lingkungan sekolah, salah satunya tidak boleh berkerumun.

Selain itu, semua guru di SDN Desa Cibima telah mengikuti vaksinasi Covid-19 yang merupakan salah satu syarat untuk pelaksanaan KBM tatap muka. Nantinya secara bertahap, sekolah juga akan melaksanakan vaksinasi bagi para siswa yang memenuhi syarat.

“Keinginan pembelajaran tatap muka bukan hanya disampaikan oleh para siswa dan orang tua, para guru juga sudah merindukan suasana belajar di kelas,” kata dia.

Selama ini, lanjutnya, sekolah sering menerima permintaan orang tua yang mengajukan KBM tatap muka. Semua permintaan itu ditampung dan disampaikan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada lomba video kreatif tema HUT kemerdekaan RI, tampil sebagai juara siswa kelas VI B, Nashriel Syawal Firdaus. Dalam videonya Nashriel menyampaikan pesan patriotisme dan nasionalisme dengan datang ke Taman Makam Pahlawan Taman Bahagia. Dia berpesan kepada teman-temannya agar tidak melupakan perjuangan para pahlawan. 

Para orang tua yang anak-anaknya menjadi juara pada lomba dalam rangka peringatan HUT ke-76 RI di SDN Desa Cibima.

Ketua panitia lomba yang juga Wakasek Bidang Kurikulum SDN Desa Cibima, Rika Opsari PRS, M.Pd. menjelaskan, lomba yang digelarnya terdiri dari beberapa cabang seperti lomba membaca Pancasila, lomba menyanyi lagu nasional, lomba foto unik, lomba memasak makanan tradisional, lomba video kreatif perjuangan, dan video kreatif kemerdekaan.

“Semua lomba dilaksanakan secara virtual yang tujuannya untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kreativitas anak-anak. Untuk KBM tatap muka, kami para guru juga sudah siap apabila regulasinya diterbitkan,” kata Rika. (*)