Kapolres Sukabumi Kota Ajak Ulama Berperan Aktif Ciptakan Keamanan yang Kondusif

oleh -
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy Zainal Abidin bersama Pimpinan Pondok Pesantren al-Masthuriyah, KH. Azis Masthuro.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Sepekan menjalani tugas sebagai penanggung jawab keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Kota Sukabumi dan sebagian wilayah Kabupaten Sukabumi, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy Zainal Abidin lebih fokus pada upaya menjalin silaturahmi dengan berbagai unsur di wilayah hukumnya. Di antaranya dengan melakukan safari kamtibmas.

Safari kamtibmas merupakan salah satu program kegiatan yang dilakukan untuk memperkuat sinergitas antara Polres Sukabumi Kota dengan para pemuka agama di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Pada Jumat, 13 Agustus 2021, mantan Kasubdit Pamobvit Polda Banten itu bersilaturahmi ke KH. Azis Masthuro, pimpinan pondok pesantren Al-Masthuriyah di Kampung Tipar, Kelurahan Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Lalu ia juga berkunjung ke KH. Ece Supriatna Mubarok, pimpinan pondok pesantren Darussyifa al-Fitroh di Jalan Parungseah KM 4, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Menurut Zainal, langkah yang dilakukannya itu selain untuk memperkenalkan diri sebagai kapolres baru, juga guna membangun kerjasama yang baik dengan semua pihak agar tercipta keamanan yang kondusif. “Dari kondusifitas itu nantinya kita bisa melakukan banyak hal positif,” jelas dia.

Ia menegaskan, upaya membangun dan memelihara kamtibmas bukanlah hal mudah. Untuk itu dibutuhkan kebersamaan dan dukungan dari tokoh masyarakat, termasuk tokoh agama. “Kami berharap para ulama ikut berperan aktif menciptakan situasi kondusif di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota ini,” kata dia.

Sementara itu, pimpinan pimpinan pondok pesantren al-Masthuriyah KH. Azis Masthuro menyambut positif kegiatan yang dilaksanakan kapolres serta siap mendukung seluruh program yang akan dilaksanakan dalam rangka menciptakan kondusifitas kamtibmas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Senada dengan itu, pimpinan pondok pesantren Darussyifa Al-Fitroh KH. Ece Supriatna Mubarok mendoakan agar Kapolres Zainal dijaga oleh Allah SWT agar selalu mendapatkan kelancaran dalam melaksanakan tugasnya. “Kami pasti mendukung penuh apa yang dilakukan oleh Pak Kapolres,” ujar dia.

Safari kamtibmas yang dilakukan Zainal merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya pada Rabu, 11 Agustus 2021, ia juga berkunjung dan bersilaturahmi ke pondok pesantren Dzikir al-Fath di Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi dan pondok pesantren Miftahussa’adah di Kampung Cigunung, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. (*)