Pengabdian Kemanusiaan, RSU Jampangkulon Rutin Donor Darah

oleh -
Donor darah yang rutin digelar dua pekan sekali di RSU Jampangkulon menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Rumah Sakit Umum (RSU) Provinsi Jawa Barat Jampangkulon di Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi rutin menyelenggarakan aksi kemanusiaan donor darah. Pelaksanaannya setiap dua pekan dengan peserta dari kalangan masyarakat umum dan karyawan RSU Jampangkulon.

“Kegiatan sosial ini memang kami lakukan secara rutin dua pekan sekali setiap hari Kamis. Dalam kegiatan ini kami bekerja sama dengan PMI Kabupaten Sukabumi,” kata Humas RSU Jampangkulon  Lia Desty, S.Psi. kepada wartawan, Kamis (12/08/2021).

Tujuan dari donor darah tersebut, ujar Lia, adalah untuk memenuhi permintaan pasien yang membutuhkan daerah. Selain itu juga untuk menambah stok darah di RSU Jampangkulon.

“Guna menambah jumlah pendonor, kami bekerja sama dengan berbagai pihak. Kami berkeliling ke masyarakat untuk mencari para relawan donor darah. Kami akan terus berupaya agar ketersediaan darah tetap aman,” tutur Lia.

Lokasi donor darah mengambil tempat di Gedung Aula Rawat Jalan lantai III RSU Jampangkulon. Pada jadwal donor darah masyarakat bisa datang langsung ke tempat donor untuk menyumbangkan darahnya.

“Kami terbuka untuk menerima donor darah dari masyarakat. Selama kegiatan doroh darah, penyelenggara menjalankan protokol kesehatan,” kata dia. 

Lia mengimbau masyarakat untuk bersedia menjadi pendonor karena di tengah kondisi pandemi, ketersediaan darah terus menurun. Pihak rumah sakit memahami jika jumlah pendonor di tengah Covid-19 terus menurun karena berbagai faktor.

“Kami ketuk hati masyarakat. Jika dalam kondisi sehat tidak usah sungkan dan ragu untuk mendonorkan darahnya. Karena mendonorkan darah sama dengan menyelamatkan orang dan bangsa,” jelasnya. (*)