Polsek Sukabumi Gelar Pendampingan Vaksinasi bagi ODGJ

oleh -
Pemberian suntikan Vaksin Covid-19 untuk ODGJ di wilayah hukum Polsek Sukabumi mendapat pengawasan dan pendampingan oleh jajaran Bhabinkamtibmas.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan Aries Setiawan

Polsek Sukabumi, Polres Sukabumi Kota menggelar kegiatan pendampingan vaksinasi mobile door to door dengan sasaran Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Vaksinasi Covid-19 untuk ODGJ itu diselenggarakan di Desa Sudajaya Girang dan Desa Karawang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (11/8/2021) siang.

Di bawah instruksi Kapolsek Sukabumi AKP Ana Ratna Dewi, S.H., M.H., kegiatan dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Desa Karawang Bripka Indra Rama, Bhabinkamtibmas Desa Sudajaya Girang Bripka Thomas Susanto, dan para tenaga kesehatan dari Puskesmas Karawang.

AKP Ana Ratna mengatakan, vaksinasi mobile merupakan salah satu ikhtiar Polri untuk dapat meminimalisir potensi penyebaran virus Covid-19 serta sebagai upaya percepatan vaksinasi bagi masyarakat. Salah satu kelompok masyarakat yang menjadi sasaran vaksinasi mobile adalah ODGJ.

ODGJ harus diberi suntikan Vaksni Covid-19, ujar dia, karena berpotensi menjadi bagian dari mata rantai penyebaran Virus Corona. Sebagian ODGJ sering kedapatan tidak memakai masker dan suka bepergian ke berbagai tempat.

“Kegiatan vaksinasi mobile dengan sasaran ODGJ hari ini berhasil meraih tiga orang ODGJ. Dua orang berasal dari Desa Sudajaya Girang dan 1 orang lainnya dari Desa Karawang. Untuk merek vaksin yang diberikan adalah Sinovac,” kata Kapolsek Sukabumi. 

Jajarannya mengharapkan vaksinasi tiga ODGJ itu dapat mempercepat pembentukan herd immunity di wilayah hukum Polsek Sukabumi. Polsek Sukabumi akan terus memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk semua lapisan masyarakat guna mempercepat pencapaian target warga yang divaksin. (*)