Siasati Kesulitan di Tengah Wabah, Gun’s Motor Fokus pada Jasa Pasang Onderdil

oleh -
Guna menghadapi tantangan yang semakin berat di tengah wabah Covid-19, Gun’s Motor lebih memfokuskan pada peningkatan pelayanan pada jasa pemasangan onderdil.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Banyak cara ditempuh pelaku usaha mikro dan kecil untuk mempertahankan bahtera usahanya dari ancaman badai wabah Covid-19. Salah satunya seperti dilakukan oleh bengkel Gun’s Motor. Untuk mensiasati keadaan yang semakin sulit akibat pandemi, Gun’s Motor memfokuskan diri pada usaha jasa pemasangan onderdil.

“Jasa pasang onderdil tidak membutuhkan modal yang besar. Kami mengandalkan keterampilan pegawai dalam memasang onderdil komponen sepeda motor,” kata Gun Gun, pemilik Gun’s Motor ketika ditemui di bengkelnya di Jalan Cimahi RT 24 RW 05, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis (5/8/2021).

Dengan langkah yang diambilnya, ujar dia, Gun’s Motor bisa bertahan dari hantaman badai wabah Covid-19. Gun Gun dapat memberikan perhatian pada upaya meningkatkan kepuasan pelanggan dengan meningkatkan kapasitas dan keterampilan pekerja bengkel.  

Gun’s Motor juga dapat mengurangi penjualan onderdil karena harga onderdil itu masih relatif tinggi. Para montir dapat memfokuskan pada jasa pemasangan komponen yang onderdilnya dibawa sendiri oleh pemilik motor.  

“Keuntungan dari hasil jasa pasang onderdil cukup lumayan untuk menutup kebutuhan sehari-hari dan membiayai operasional bengkel,” tuturnya.

Pendapatan bersih per hari setelah dipotong upah dua orang  pegawai yang dapat dikantungi Gun Gun mencapai Rp400 ribu. Di masa pandemi dengan pergerakan ekonomi yang melambat, ujar dia, pendapat sebesar itu tergolong bagus untuk bertahan hidup. 

Dalam satu hari, jumlah pengunjung bengkel miliknya bisa mencapai 25 sampai 30 orang. Di masa pandemi ini, Gun’s Motor menghadapi kenyataan harga ban dan accu yang berfluktuatif. (*)