Bumdes Caringin Wetan Siap Kembangkan Sektor Usaha Baru

oleh -
Kepala Desa Caringin Wetan, Dedi Suhendar.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Caringin Wetan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi akan menjajaki berbagai sektor usaha untuk mengukuhkan eksistensi sebagai badan usaha yang sehat, maju, dan terus berkembang.

Beberapa sektor usaha yang akan dijalankan Bumdes Caringin Wetan antara lain perbengkelan, jasa pencucian kendaraan bermotor, dan pemasok komoditas barang dan bahan makanan untuk program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Bumdes di desa kami sudah siap berpacu untuk menjadi badan usaha yang dapat menunjang peningkatan perekonomian masyarakat di desa kami,” kata Kepala Desa Caringin Wetan, Dedi Suhendar ketika dihubungi lewat telepon genggamnya, Selasa (2/8/2021).

Untuk menunjang dan mewujudkan kemajuan usaha Bumdes itu, ujar dia, Pemdes Caringin Wetan siap menggelontorkan modal. Pada tahun ini, Pemdes Caringin Wetan menyiapkan dana untuk modal usaha dan operasional perusahaan sebesar Rp50 juta yang pencairannya secara bertahap.

“Kami akan mencairkan dana dalam tiga tahap pada tahun ini. Pada tahap pertama, kami telah mencairkan dana sebesar Rp20 juta. Pada tahap kedua akan dicairkan Rp20 juta dan tahap ketiga Rp10 juta. Semuanya 50 juta rupiah,” tutur Dedi.

Kades optimis, di bawah pengelolaan manajemen baru, Bumdes  Caringin Wetan akan menjadi bumdes percontohan bagi desa-desa lainnya. Manajemen diyakininya dapat mewujudkan visi misi Bumdes Caringin Wetan sebagai salah satu soko guru ekonomi di desa tersebut.

Pada struktur kepengurusan Bumdes terdapat nama-nama yang dapat membawa angin segar bagi kemajuan perusahaan. Mereka terdiri dari Eko Sumawinata sebagai ketua, H. Sep Dasim sebagai sekretaris, dan Ajo selaku bendahara. Para pengurus inti itu didukung oleh tenaga-tenaga terampil di bidang usahanya masing-masing.

Menurut Dedi, ketiga nama tersebut merupakan jaminan bagi terwujudnya Bumdes Caringin Wetan yang maju dan berkembang serta amanah dalam menjalankan amanat masyarakat. (*)