Bupati dan DPRD Kabupaten Sukabumi Tuntaskan Penyusunan Rencana Pembangunan 2021-2026

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami (kiri) menyerahkan dokumen RPJMD 2021-2026 kepada Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara disaksikan Wakil Bupati Iyos Somantri dan Wakil Ketua DPRD M. Sodikin.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Sukabumi akhirnya selesai menyusun rencana strategis pembangunan dalam lima tahun ke depan yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2016. Masterplan dan grand desain pembangunan daerah tahun 2021-2026 itu tinggal diajukan kepada Gubernur Jawa Barat untuk dievaluasi dan disetujui.

Rencana pembangunan tahun 2021-2026 ini akan menjadi dokumen kebijakan pembangunan dan acuan bagi seluruh komponen pelaku pembangunan dalam mewujudkan pembangunan daerah yang berkesinambungan selama lima tahun ke depan.

Pada Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Pengambilan Keputusan Atas Raperda tentang RPJMD Kabupaten Sukabumi Tahun 2021-2026 di Ruang Rapat Utama DPRD di Palabuhanratu, Jumat (30/7/2021), Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menjelaskan rencana pembangunan itu disusun menggunakan empat pendekatan yang meliputi meliputi pendekatan teknokratik, partisipatif, politis, serta top-down dan bottom-up.

Bupati juga berharap melalui rencana pembangunan ini penyelenggaraan pembangunan Kabupaten Sukabumi lima tahun ke depan akan lebih terarah, terintegrasi, terukur, akuntabel, dan implementatif.

“Dan yang terpenting adalah mampu menjawab isu-isu strategis yang ada, terkait aspek kesejahteraan masyarakat, daya saing daerah dan pelayanan publik,” jelas bupati.

Marwan juga meminta semua jajaran perangkat daerah untuk mengakselerasi kinerja berbagai sektor dengan semangat kolaboratif melalui peningkatan tata kelola pemerintahan yang berorientasi pada good governance.

Akselerasi ini dibutuhkan demi mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah yakni mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius, maju, dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir batin.

“Saya sangat berharap kepada seluruh kepala perangkat daerah untuk fokus pada substansi dan kegiatan prioritas agar pembangunan lebih terarah dan tepat sasaran,” kata dia.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara berharap dengan adanya RPJMD lima tahun ke depan ini, bupati dapat membawa dan mengarahkan perangkat daerahnya sesuai tugas dan kewenangannya.

Bupati harus mengupayakan itu agar konsep yang termuat dalam RPJMD bisa dijalankan dengan memberikan inovasi yang mendorong upaya pemulihan ekonomi pascapandemi serta untuk mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius, maju, dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir batin.

“Kami di DPRD akan senantiasa mengingatkan, mendorong, mendukung segala upaya yang dilakukan pemda untuk melaksanakan RPJMD dan mewujudkan visi daerah,” jelasnya. (*)