Dinsos Kota Sukabumi Terjunkan Tagana ke Dapur Umum untuk Penanganan Covid-19

oleh -
Ketua Tagana Kota Sukabumi, Dede Kusweli monitoring jajaran dan anak buahnya yang diperbantukan sebagai relawan sosial di dapur umum dalam penanganan Covid-19.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi menerjunkan tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk mendukung penyelenggaraan dapur umum dalam penanganan Covid-19. Tim relawan dari Tagana itu ditempatkan dua lokasi untuk menjalankan tugas operasional dapur umum.

Mereka menjadi bagian dari tenaga yang terlibat dalam pendistribusian makanan sebanyak 1.000 paket. Pendistribusian makanan dilakukan pada pagi  dan siang hari langsung kepada sasaran yang telah ditetapkan oleh Dinsos Kota Sukabumi.

Ketua Tagana Kota Sukabumi, Dede Kusweli menjelaskan, pembukaan dapur umum lapangan bertujuan untuk memberikan dukungan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi.

“Mereka yang masuk ke dalam PPKS dalam program ini antara lain warga terlantar, pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri, serta tenaga medis dan petugas keamanan selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” kata Dede. 

Dapur umum dijalankan di dua lokasi yaitu di Balai Rehabilitas Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPD) Phalamarta dan Loka Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV (LRSODHIV) Kahuripan.

“Keterlibatan Kota Sukabumi sesuai dengan surat edaran Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI tentang dukungan pembukaan dapur umum dalam penanganan Covid-19,” ujar Dede. (*)