DKP3 Temukan Cacing pada Hati dan Organ Sapi Kurban

oleh -
Para petugas pemeriksa kesehatan hewan DKP3 Kota Sukabumi menemukan kandungan cacing di hati dan organ lain pada sapi kurban.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Petugas Dinas Ketahanan, Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi menemukan  adanya cacing pada hati organ lainnya dari sapi kurban di dua lokasi berbeda. Temuan itu merupakan hasil pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang intens dilakukan oleh DKP3 di beberapa lokasi pemotongan hewan kurban.

Sejak hari pertama Idul Adha 1442 Hijriyah, DKP3 mengerahkan tim khususnya ke lapangan untuk monitoring dan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan kurban. Di dua lokasi yang berbeda, tim menemukan adanya cacing pada organ hewan kurban yang diperiksa. Atas temuan tersebut, tim langsung mengamankan organ sapi yang mengandung cacing itu.

“Kami langsung memeriksa dan mengamankan hati sapi tersebut. Berdasarkan catatan kami ada empat ekor sapi yang organnya mengandung cacing,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Sukabumi, Dian Sucianti wartawan via telepon seluler, Kamis (22/7/2021).

Dari empat ekor sapi tersebut, dua ekor mengandung cacing hati dan dua lagi mengandung cacing pada paru-paru dan limpa. Berdasarkan penelitian tim pemeriksa, cacing tersebut menyebabkan pembengkakan pada limpa sapi.

Walau ada cacing pada organ sapi, Dian memastikan hal itu tidak menimbulkan bahaya pada daging sapi. Karena dagingnya masih layak untuk dikonsumsi.

“Dagingnya masih layak dan aman untuk dikonsumsi, jadi tidak usah kwartir,” jelas Dian.

Pemotongan hewan kurban masih terus berlanjut sampai beberapa hari setelah Idul Adha. Tim DKP3 akan terus melakukan pendataan dan pemantauan hewan kurban selama masih ada kegiatan pemotongan hewan kurban.

“Data sementara lokasi penyembelihan hewan kurban ada 111 titik, tahun lalu 99 lokasi. Jadi ada peningkatan jumlah lokasi pemotongan hewan kurban,” ujar Kabid. (*)