Dua Rumah di Surade Menjadi Arang Setelah Diamuk Si Jago Merah

oleh -
Rumah milik Bah Udin dan Ma Sawiyah di Kampung Curugmalang RT 07 RW 07 Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi tinggal puing-puing yang menjadi jelaga setelah diamuk kobaran api.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Kebakaran besar di Kampung Curugmalang RT 07 RW 07 Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi menghanguskan dua rumah milik warga. Api berkobar sekitar pukul 11.00 WIB pada Senin (19/7/2021) ketika sebagian besar warga Kampung Curugmalang sedang beraktivitas di sawah atau ladang.

Pada musibah itu rumah semi permanen milik Bah Udin (65) dan Ma Sawiyah (50) habis dilalap api. Dua rumah itu menjadi jelaga dan akhirnya ambruk. Rumah milik Udin berukuran 6 x 12 meterpersegi dan rumah Sawiyah berukuran  5 x 10 meter persegi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, kobaran api pertama kali dilihat oleh Juji (50) warga setempat dan  Ketua RT bernama Ali (40) ketika mereka sedang berada di sekitar rumah milik Udin. Keduanya melihat api berkobar di bagian atap rumah Udin. Kemudian mereka juga melihat rumah Sawiyah terbakar. Kedua rumah itu memang berdekatan.

Secara refleks Juji dan Ali berteriak untuk meminta pertolongan dari warga sekitar. Dalam sekejap warga berdatangan ke rumah Udin dan Sawiah. Mereka langsung berupaya untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

Karena kobaran api cukup besar, warga tidak berhasil memadamkan api. Satu jam kemudian, petugas dari Kantor Pemadam Kebakaran tiba di TKP menggunakan 2 unit mobil pemadam kebakaran. Mobil damkar itu langsung beraksi dan dapat menguasai api.

Saat api berkobar, Udin sedang berada di sawah, sedangkan Sawiyah berada di luar rumah. Tim penolong mengevakuasi 8 penghuni dari dua rumah ke tempat yang aman. Dalam musibah itu tidak ada korban luka atau jiwa. 

Di tempat kejadian, turut mengamankan dan membantu proses penanganan musibah kebakaran tersebut antara lain: P2BK, Tagana, dan PP Kecamatan Surade, Pemdes Buniwangi, anggota Koramil 2214/Surade, dan Kepala Desa Buniwangi.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Sementara ini diketahui penyebab munculnya api dari hubungan pendek arus listrik. Kerugian diperkirakan mencapai Rp150 juta,” kata kepala Desa Buniwangi Dadan Hermawan. (*)