Dinkes Terima Bantuan Tabung Oksigen dari Pemprov Jabar

oleh -
Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan Dinkes Kota Sukabumi, Drg. Erna, M.H.Kes. ketika memeriksa tabung oksigen kiriman dari Pemprov Jabar. Sementara petugas ekspedisi bersiap-siap untuk mengirimkan tabung oksigen ke daerah lain.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi menerima bantuan tabung oksigen sebanyak 12 tabung dari Pemprov Jawa Barat. Bantuan tersebut merupakan dukungan provinsi kepada pemda dalam merawat pasien Covid-19.

Rincian tabung yang diterima Dinkes Kota Sukabumi terdiri dari 10 buah ukuran 1 meterpersegi dan 2 buah ukuran 6 meterpersegi. Semuanya masih tersegel rapi dan dalam keadaan siap untuk didistribusikan ke rumah sakit atau masyarakat yang membutuhkan.

“Sesuai dengan arahan dari Pemprov Jabar, tabung oksigen ini bisa diberikan kepada siapa pun yang membutuhkan, khususnya pasien yang terpapar Covid-19” kata Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan Dinkes Kota Sukabumi, Drg. Erna, M.H.Kes. ketika dikonfirmasi wartawan via pesan WhatsApp, Kamis (15/7/2021).

Sambil menunggu arahan lebih lanjut, ujar dia, Dinkes mengirimkan tabung tersebut ke rumah sakit maupun untuk pelayanan Sigap. Nantinya masyarakat yang terpapar Covid-19 dengan status isolasi mandiri (isoman) bisa meminjam tabung-tabung tersebut.

“Untuk teknis peminjaman tabung oksigen, kami sedang menyiapkan aturannya agar sesuai dengan pedoman administrasi. Kami sedang menyusun SOP atau Standar Operasional dan Prosedur untuk masyarakat yang akan meminjam tabung oksigen,” ujarnya.

Peminjaman tabung oksigen bisa dilakukan masyarakat melalui layanan Sigap. Saat ini berdasarkan pantauan wartawan di lapangan, tabung oksigen dan fasilitas isi ulangnya mengalami kelangkaan di wilayah Kota Sukabumi. (*)