Warga Desa Sukalarang Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

oleh -
Bhabinkamtibmas Desa Sukalarang Bripka Antonius mengatur posisi warga yang menjadi peserta Vaksinasi Covid-19.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Warga masyarakat di Desa Sukalarang, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi antusias mengikuti Vaksinasi Covid-19 bersamaan dengan pembagian BLT DD Tahap 5 bertempat di Auditorium Desa Sukalarang, Senin (21/6/2021).

Pada program itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Sukalarang mengundang sebanyak 302 orang warga untuk mengikuti program vaksinasi massal. Dari jumlah tersebut sebanyak 180 orang terdaftar sebagai penerima BLT DD Desa Sukalarang Tahap 5 yang akan divaksin sebelum menerima bantuan.

Hadir pada kegiatan tersebut dari unsur Pemdes Sukalarang, Kades Ece Suryadi (Kang Bace), Sekdes Nunung Indriani, Bhabinkamtibmas Bripka Antonius, Babinsa Sertu Sumardi, dan Satgas Covid Desa Sukalarang.

Sementara dari kalangan Muspika Sukalarang tampak hadir Camat Budianto, Kapolsek Iptu Yudi Wahyudi, S.H., Kepala Puskesmas dr. Eddy dan petugas vaksinasi dari Puskesmas Sukalarang.

Kades Bace mengatakan, proses vaksinasi dibagi menjadi dua kelompok yaitu umum dan kelompok penerima BLT DD, semuanya vaksinasi tahapan pertama. Untuk kelompok umum setelah menjalani masa observasi selama 30 menit langsung pulang, sedangkan kelompok penerima bantuan sebelum pulang mengambil BLT DD tahap 5 yang besarnya Rp300 ribu.

“Alhamdulillah, proses vaksinasi ini berjalan lancar dan sesuai harapan. Saat menjalani vaksinasi, warga terlihat antusias dengan tingkat kehadiran hampir 100 persen, ” kata Kang Bace.

Tingkat kehadiran warga, lanjut Kang Bace, hingga menjelang tengah hari mencapai 276 orang dari total 302 undangan resmi. Itu berarti, kata dia, hampir mendekati angka seratus persen.

Kang Bace juga mengungkapkan, proses vaksinasi tersebut sebagai upaya untuk mendukung regulasi yang digulirkan oleh Presiden guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. (*)