Dipantau Muspika, Vaksinasi di Curugluhur Diikuti 200 Orang

oleh -
Pelaksanaan Vaksinasi Colvid-19 di Desa Curugluhur, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi berjalan aman dan kondusif.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Guna menyukseskan vaksinasi di wilayah, Muspika Sagaranten melakukan pendampingan pada kegiatan Vaksinasi Covid 19 massal di Desa Curugluhur, Kecamatan Sagaranten,  Kabupaten Sukabumi, Jumat (18/6/2021).  Vaksinasi dilaksanakan di aula balai Desa Curugluhur dengan tim vaksinator dari Puskesmas Sagaranten.

Sebelum divaksin, para peserta mengikuti skrining kesehatan untuk diketahui status kesehatannya. Mereka yang lolos skrining langsung dimasukkan ke dalam daftar peserta vaksinasi, sementara yang mengalami gangguan kesehatan ditunda vaksinasinya.

Jumlah warga yang diundang untuk vaksinasi mencapai 272 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 72 orang sedang mengalami gangguan kesehatan sehingga vaksinasinya ditunda. Jadi jumlah warga yang divaksin sebanyak 200 orang.

Di tempat kegiatan tampak hadir Camat Sagaranten Deny Ramadhan, Danramil 0622-11/Sagaranten Kapten Inf Enjang, Anggota Polsek Sagaranten Aiptu Asep Erik, Kepala Puskesmas Sagaranten H. Olih Solihin, dan Kades Curugluhur Deni Jaya Wiguna selaku tuan rumah.

Setelah menjalani vaksinasi, warga mengikuti tahapan observasi selama 30 menit. Setelah melewati tahap observasi, mereka dipersilakan meninggalkan balai desa.

Pada kesempatan itu Danramil Sagaranten Kapten Inf Enjang menyampaikan,  pendampingan tersebut dilaksanakan agar kegiatan penyuntikan vaksin  dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai tahapan. Tim pendamping juga memonitor pelaksanaan protokol kesehatan selama vaksinasi berlangsung.

“Kami menyampaikan kepada warga yang telah disuntik vaksin supaya tetap mematuhi protokol kesehatan sebagi kunci meningkatkan efektivitas vaksin dalam menghadapi serangan Virus Corona,” ujar Kapten Enjang.

Danramil mengingatkan, meskipun warga telah diberi Vaksin Covid-19 tidak serta merta dia langsung kebal terhadap serangan virus. Tubuh mereka membutuhkan waktu untuk membentuk antibodi atau kekebalan tubuh untuk melawan Virus Corona.

“Karena itu saya mengajak masyarakat yang telah menerima vaksin tahap I dan II agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah di tetapkan pemerintah yakni 5M berupa memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan,” kata Danramil.

Dia dan jajarannya, ujar Kapten Enjang, akan selalu aktif mendukung penuh segala kegiatan pemerintah terkait dengan upaya penanganan Covid-19. Salah satu bentuknya pendampingan dan monitoring vaksinasi agar pelaksanaannya kondusif dan lancar. (*)