Wali Kota: Keberhasilan di Wilayah RT Berpengaruh pada Penanganan Covid-19 di Tingkat Daerah

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi menyampaikan arahan kepada para peserta rapat koordinasi kewilayahan di Kantor Kecamatan Gunungpuyuh.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi mengatakan keberhasilan di tingkat wilayah RT dan RW berpengaruh terhadap penanganan Covid-19 di tingkat daerah. Karena itu pengurus RT dan RW harus menjadi pionir yang berdiri paling depan dalam melaksanakan program-program yang terkait dengan penanggulangan Covid-19.

Sejalan dengan itu wali kota juga memerintahkan Satgas Covid-19 di tingkat RT dan RW untuk terus aktif dalam upaya mencegah penyebaran Virus Corona. Fahmi  menekankan dilakukannya sosialisasi protokol kesehatan (prokes) oleh pengurus RT dan RW bersama Satgas Covid-19 wilayah setempat secara masif dan berkelanjutan.

Pernyataan wali kota itu disampaikan pada rapat koordinasi kewilayahan  (rakorwil) dalam rangka silaturahmi dan penanggulangan Covid-19 di Kantor Kecamatan Gunungpuyuh, Rabu (16/6/2021). Pada rakorwil itu tampak hadir Camat Gunungpuyuh, para lurah, LPM,  serta perwakilan ketua RT dan RW se-Kecamatan Gunungpuyuh.

“Kita harus yakin keberhasilan di tingkat wilayah termasuk RT dan RW dalam penanganan Covid-19 berpengaruh pada keberhasilan penanggulangan Covid-19  di tingkat Kota Sukabumi,” kata wali kota.

Karena itu, Fahmi mengimbau para ketua RT dan ketua RW untuk  menjadi penggerak utama dalam program Vaksinasi Covid-19. Para ketua RT/RW, ujar dia, jangan bosan-bosan mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi, khususnya untuk prioritas saat ini kelompok warga lanjut usia (lansia).

“Penanganan berbasis wilayah terbukti mampu menekan laju penambahan kasus Covid-19. Keadaan kondusif yang selama ini telah terwujud harus dipertahankan, bahkan kalau bisa ditingkatkan,” kata wali kota.

Untuk itu Wali Kota mendorong terbangunnya komunikasi yang baik antara Satgas Covid-19 di semua  tingkat yaitu kota, kecamatan, kelurahan, hingga RW dan RT. Karena komunikasi yang baik akan menjadi penentu keberhasilan penanganan Covid-19. Salah satunya dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

“Kami selalu akan memastikan semua pihak terkait dapat bekerja sama dengan baik dalam penanggulangan Covid-19,” ujar Fahmi. (*)