BPD Cikarang Apresiasi Semangat Warga Ikuti Vaksinasi

oleh -
Satgas Penanganan Covid-19 Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi antara lain Babinsa Sertu Sutadi (kedua dari kiri) dan Sekdes Cikarang Ucu Sutarman (kedua dari kanan) dalam monitoring vaksinasi di desa tersebut.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Warga Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat bersemangat mengikuti Vaksinasi Covid-19 yang digelar di balai desa setempat, Kamis (17/6/2021). Dengan tertib mereka mengantre dan menunggu giliran skrining kesehatan dan mendapat suntikan Vaksinm Covid-19.

Kekompakan dan antusias warga tersebut mendapat apresiasi dan pujian dari Ketua BPD Cikarang Dedi, S.Pd. yang hadir bersama tim monitoring di balai desa. Semangat warga seperti itu, kata Dedi, mencerminkan keinginan mereka untuk dapat segera memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

“Luar biasa, sangat mengagumkan semangat warga untuk mengikuti vaksinasi. Hal ini menunjukkan warga Desa Cikarang ingin terbebas dari wabah Covid-19. Semua dari kita ingin hidup normal seperti berlaku sebelum ada wabah,” ujar Dedi.

Dengan sambutan warga yang demikian tinggi, lanjut dia, Desa Cikarang akan terbebas dari kluster penyebaran Virus Corona. Dia harapkan warga terus menjaga disiplin dalam menegakkan aturan protokol kesehatan (prokes), khususnya selalu memakai masker ketika berada di ruang publik.

“Walaupun telah divaksin, warga harus tetap menjalankan prokes. Jangan remehkan prokes karena itu merupakan cara yang ampuh untuk mencegah dan menghentikan penyebaran Virus Corona,” kata dia.

Vaksinasi tersebut diikuti warga yang masuk ke dalam keluarga penerima manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Pemdes Cikarang menjadikan vaksinasi sebagai syarat untuk menerima bantuan bagi KPM yang lulus skrining kesehatan.

Dalam pelaksanaan vaksinasi dan pembagian BLT DD itu, tim vaksinator dari Puskesmas Cidolog melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga penerima bantuan. Petugas langsung memasukkan KPM BLT yang memenuhi syarat kesehatan ke dalam daftar warga yang akan diberi suntikan Vaksin Covid-19.

Warga juga mengantre dengan tertib untuk mendapatkan giliran disuntik vaksin dan menerima bantuan. Setelah disuntik, mereka menunggu selama 30 menit untuk diobservasi terkait dampak dari suntikan. Semua warga yang divaksin dapat melewati tahap observasi ini dengan baik dan mulus.

Semua hadirin menerapkan prokses dengan ketat. Mereka menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki ruangan. Semuanya memakai masker dan mencuci tangan ketika akan masuk ke balai desa. Warga juga mengatur tempat duduk agar jaraknya lebih dari satu meter.  

Di tempat vaksinasi dan pembagian BLT DD tampak hadir tim monitoring yang terdiri dari Kepala Desa Cikarang Atam, Bhabinkamtibmas Desa Cikarang Bripka Dian Wihardani, dan Babinsa Cikarang Sertu Sutadi. Hadir pula Sekdes Cikarang Ucu Sutarman. (*)