Satgas Covid-19 Imbau Wartawan yang Merasa Kontak Erat untuk Ikut Swab Test

oleh -
Perkembangan terakhir Covid-19 yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi pada Rabu, 16 Juni 2021 pukul 12.00 WIB.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, dr. Wahyu Handriana mengimbau para wartawan yang merasa kontak erat dengan rekannya yang positif terpapar Virus Corona agar ikut swab test.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi menyediakan fasilitas swab test di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk para wartawan. Wahyu berharap kepada para wartawan dengan kategori kontak erat agar ikut swab test pada Kamis (17/6/2021).

“Teman-teman media yang merasa kontak dengan rekan-rekan yang positif Covid-19 silahkan untuk diswab test besok,” kata Wahyu melalui pesan pada WhatsApp Group, Rabu (16/6/2021) petang.

Waktu untuk swab test, ujar dia, antara pukul 08.00 sampai 11.00 WIB. Lokasi Labkesda persis di samping Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Jalan Suryakencana, Selabatu, Kota Sukabumi.

Seperti ramai diperbincangkan di media sosial, pada kegiatan mancing bersama dengan peserta para wartawan di kawasan Goalpara Sukaraja diduga terjadi penyebaran Virus Corona. Kegiatan mancing dan botram itu digelar pada Sabtu, 5 Juni 2021.

Beberapa hari setelah acara tersebut, sebagian peserta mengalami gejala sakit disertai sakit kepala. Pada pertengahan pekan lalu, satu per satu wartawan dinyatakan positif Covid-19. Sampai sekarang di antara mereka masih menjalani isolasi di rumah sakit dan sebagian isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Ketua PWI Perwakilan Kota Sukabumi, Abu Hanifah Nasution tidak termasuk wartawan yang ikut acara tersebut. Pada hari kegiatan itu kebetulan dia mengikuti acara keluarga besar Nasution di Bekasi.

“Semoga rekan-rekan seperjuangan saya yang positif Covid-19 segera dapat sembuh dan bisa bekerja seperti biasa,” ujar dia.

Sama halnya dengan Hanif, wartawan JP-Nesw, Darwin Sandy termasuk yang negatif ketika diswab-test. Ketika acara mancing berlangsung, Darwin berangkat ke Bandung karena ada acara keluarga.

Perkembangan terakhir penyebaran Covid-19 di Kota Sukabumi, berdasarkan data yang dirilis Satgas Covid-19, jumlah kumulatif pasien Covid-19 mencapai 2.860 atau bertambah 30 orang dibandingkan jumlah kumulatif pada Selasa (15/6/2021).

Sementara pasien yang menjalani isolasi sebanyak 279 orang, kemarin 272 orang. Adapun jumlah kumulatif pasien yang sembuh mencapai 2.509 orang atau 87,73 persen dari total kasus Covid-19. (*)