Muspika Purabaya Dorong Percepatan Vaksinasi di Desa

oleh -
Camat Purabaya Nunung Nurhayati (kanan) ketika monitoring pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Desa Pagelaran, Kecamatan Purabaya.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Purabaya, Kabupaten Sukabumi terus mendorong percepatan Vaksinasi Covid-19 hingga ke desa-desa. Salah satu cara yang ditempuh adalah menyertakan vaksinasi pada kegiatan pemberian bantuan seperti Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

Dalam satu pekan ke depan, Muspika telah membuat jadwal Vaksinasi Covid-19 di desa-desa yang ada di Kecamatan Purabaya. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan imunitas masyarakat dalam menghadapi serangan infeksi Virus Corona.   

“Saat ini kami sedang memfokuskan pada vaksinasi untuk kelompok warga lanjut usia atau lansia. Selain itu vaksinasi diberikan kepada warga penerima bantuan dari Dana Desa dan bantuan lain untuk menindaklanjuti hasil rapat para camat se-Kabupaten Sukabumi di aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi pada 11 Juni 2021 lalu,” kata Camat Purabaya Nunung Nurhayati ketika monitoring vaksinasi dan pembagian BLT DD di Desa Pagelaran, Selasa (15/6/2021).

Bagi lansia, ujar dia, Vaksinasi Covid-19 sangat penting karena kelompok usia ini lebih rentan terhadap infeksi Virus Corona. Adanya penyakit penyerta dan kondisi fisik yang mulai melemah membuat lansia lebih sulit untuk melawan infeksi. Hal itulah yang menjadi dasar penetapan lansia dijadikan prioritas untuk menerima vaksin.

“Pemberian vaksin pada kelompok lansia diharapkan bisa ikut melindungi orang lain yang belum mendapat vaksin yakni mencegah terjadinya infeksi dan penularan atau mencegah gejala berat yang berakibat fatal jika terinfeksi virus,” tutur Camat Nunung.

Dengan vaksinasi diharapkannya imunitas masyarakat meningkat dan  bisa menekan penyebaran Covid-19. Walaupun vaksinasi telah dilaksanakan, kata Nunung, protokol kesehatan 5M tetap harus dijalankan.

“Terkait disiplin protokol kesehatan, kami minta dukungan semua pihak dengan kerja sama untuk menekan penyebaran Covid-19 agar lebih efektif,” ujarnya.

Selanjutnya vaksinasi akan digelar di desa-desa bersamaan dengan pemberian bantuan dengan jadwal sebagai berikut: Desa Citamiang (16 Juni 2021), Desa Cimerang (17 Juni 2021), Desa Purabaya (18 Juni 2021), Desa Neglasari (19 Juni 2021), Desa Cicukang (21 Juni 2021), Desa Margaluyu ((22 Juni 2021), dan Desa Neglasari (lanjutan, 23 Juni 2021). (*)