Bupati Mendorong Bunda PAUD Berperan dalam Mencetak Generasi Berkualitas

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengukuhkan pengurus Pokja Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi dan Forum PAUD Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengukuhkan pengurus Forum Pendidikan Anak Usia Dini  (Forum PAUD) Kabupaten Sukabumi Periode 2021-2026, pengurus Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi, dan Bunda PAUD Kecamatan bertempat di GOR Cisaat, Selasa (15/6/2021).

Pengukuhan juga disertai penyematan selempang Bunda PAUD Kecamatan oleh Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Jatnika kepada perwakilan pengurus dari tiga kecamatan yaitu Kecamatanm Cisaat, Cicantayan, dan Kecamatan Kadudampit.  

Saat menyampaikan arahan, bupati mengatakan, dengan adanya pengukuran tersebut, Bunda PAUD dapat semakin mantap menjadi mitra Pemkab Sukabumi dalam membina dan memajukan pendidikan, khususnya PAUD.

Bunda PAUD, kata Marwan, dapat menjadi figur orang tua yang bijaksana dalam mendidik anak-anak dan membina PAUD di wilayah kerjanya. Bunda PAUD juga memiliki peran yang sangat strategis dalam mencetak generasi bangsa yang berkualitas. 

“Kami akan mendorong pengurus Forum PAUD dan Bunda PAUD  agar dapat melahirkan ide dan gagasan baru untuk membangun dan meningkatkan kualitas PAUD di Kabupaten Sukabumi dengan mengembangkan strategi mengajar untuk menciptakan anak berprestasi,” ujar bupati.

PAUD, kata dia, mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam pengembangan sumber daya manusia sejak usia dini. Marwan juga menekankan bahwa Forum PAUD merupakan wadah untuk memaksimalkan  pencapaian tumbuh kembang anak, baik dari sisi mental spiritual maupun fisik. 

Dengan adanya Forum PAUD yang diperkuat olehj Pokja Bunda PAUD dan Bunda PAUD Tingkat Kecamatan, PAUD bisa memberikan kontribusi terhadap upaya dalam mengatasi masalah stunting atau gizi buruk akut dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan.

“Kami mengajak semua kalangan untuk mendukung program PAUD sebagai wujud tanggung jawab bersama dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berdaya saing tinggi,” kata bupati.

Di akhir amanatnya, Bupati Sukabumi mengajak pengasuh PAUD dan masyarakat luas untuk bersama-sama ikut serta dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dalam hal ini para guru PAUD bisa menjadi teladan dalam menerapkan protokol kesehatan serta menanamkan karakter disipilin sejak dini kepada anak-anak.  

Pada kesempatan itu, Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi menyerahkan buku Selayang Pandang Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi kepada Bupati Sukabumi, Ketua Forum Bunda PAUD Jawa Barat, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. (*)