Dorong Persiapan PTM, Desy Ratnasari Berkunjung ke SMPN 2 Kota Sukabumi

oleh -
Anggota Komisi X DPR RI Desy Ratnasari menyampaikan arahan kepada kepala sekolah dan para guru di SMPN 2 Kota Sukabumi terkait pelaksanaan PTM.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Anggota Komisi X DPR RI Desy Ratnasari mengunjungi SMPN 2 Kota Sukabumi untuk memastikan sekolah tersebut siap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Di SMPN 2, legislator asal daerah pemilihan Sukabumi itu melakukan pemeriksaan terhadap fasilitas protokol kesehatan (prokes) untuk menyelenggarakan PTM.

Kunjungan politisi PAN tersebut dilakukan Jumat (11/6/2021). Dalam kunjungannya, Desy menanyakan kesiapan wastafel, alat pemeriksa suhu tubuh, dan sistem pengaturan kursi agar para siswa dapat menjaga jarak lebih dari 1 meter ketika mengikuti pelajaran. Semuanya fasilitas telah tersedia dengan jumlah yang cukup, SMPN 2 Kota Sukabumi dinyatakan siap menyelenggarakan PTM.

“Menghadapi tahun ajaran baru nanti, sekolah harus dalam keadaan siap melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah pada tahun ajaran baru nanti. Karena itu sekolah harus menyiapkan fasilitas untuk melaksanakan protokol kesehatan,” kata Desy di depan kepala sekolah dan para guru.

Sebagai legislator pusat yang salah satu bidang tugasnya pendidikan, Desy telah memberi masukan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek, terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Salah satu masukannya adalah pemerintah membentuk Satgas Covid-19 di tiap sekolah.

“Kehadiran Satgas Covid-19 di sekolah bertugas untuk mengawasi penegakan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. Satgas ini juga dapat menjalankan tugas untuk mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah,” ujar dia.

Satgas ini dibentuk oleh berbagai unsur pemerintahan, TNI, Polri, Dinas Kesehatan, dan sekolah. 

Sementara itu Kepala SMP Negeri 2 Kota Sukabumi, Dudi Jaelani,  mengatakan berbagai persiapan telah dilakukannya menjelang tahun ajaran baru 2021-2022. Sekolah yang dipimpinnya akan melaksanakan prosedur prokes yang telah ditetapkan dalam PTM.

“Sampai sekarang sudah ada 85 persen orang tua yang mengizinkan anak mereka mengikuti pembelajaran tatap muka,” kata Dudi.

Salah satu skema PTM yang disiapkan SMPN 2 Kota Sukabumi adalah KBM dilaksanakan seminggu 2 kali untuk setiap kelas yang masing-masing terbagi ke dalam 2 sesi. Sesi pertama dilaksanakan dari pukul 07.30 hingga 09.30 yang dilanjutkan sesi kedua pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB. Setiap sesi hanya diikuti siswa dengan jumlah 50 persen dari kapasitas kelas. (*)