DPRD Membentuk Tiga Pansus untuk Membahas Tiga Raperda

oleh -
Rapat paripurna DPRD Kota Sukabumi untuk mengesahkan salah satu raperda menjadi perda.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Sebagai tindak lanjut dari pembahasan tingkat pertama, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi berhasil membentuk tiga panitia khusus untuk membentuk tiga raperda. Selanjutnya ketiga pansus tersebut akan mengumpulkan bahan dari perangkat daerah dan mencari bahan pembanding dari daerah lain.

Ketiga raperda yang dibentuk pansusnya itu terdiri dari Raperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan, Raperda tentang Penyertaan modal untuk Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa (Perumdam TBW), dan Raperda inisiatif DPRD tentang Penyediaan Sarana Tempat Ibadah di Perkantoran dan Tempat Perbelanjaan.

Plt. Sekretaris DPRD Kota Suakbumi Asep Koswara kepada wartawan menerangkan, pembentukan ketiga pansus tersebut merupakan tindak lanjut dari jawaban Walikota Sukabumi terhadap pandangan umum fraksi-fraksi atas dua raperda dan tanggapan fraksi terhadap raperda inisiatif.

“Pansus sudah mulai melakukan koordinasi dan komunukasi dengan SKPD terkait, kemudian mencari pembanding ke daerah lain untuk melahirkan perda yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Asep, Kamis (10/6/2021). 

Pansus yang membahas Raperda tentang Penyertaan Modal Perumdam TBW dipimpin oleh Ivan Rusvansyah dari Fraksi Partai Golkar, Pansus tentang Perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan diketuai Deden Solehudin dari Fraksi Partai Demokrat, dan Pansus Raperda tentang Penyediaan Sarana Tempat Ibadah di Perkantoran dant Tempat Perbelanjaan diketuai Lukmansyah dari Fraksi PKS.

“Pansus akan bekerja sampai dengan tanggal 22 Juni 2021. Setelah itu akan diagendakan rapat paripurna untuk menetapkan ketiga raperda menjadi perda,” jelas Asep. (*)