Masyarakat Desa Mekartanjung Antusias Ikuti Sosialisasi Covid-19

oleh -
Kepala Desa Mekartanjung, Eden Solihin (depan, kanan) bersama Ketua MUI Desa Mekartanjung (kiri, berpeci) menyampaikan sosialisasi Vaksinasi Covid-19.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Pemdes Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi menggelar sosialisasi Vaksinasi Covid-19 bertempat di aula desa setempat, Kamis (10/6/2021). Pada kegiatan itu, masyarakat Desa Mekartanjung sangat antusias mengikuti sosialisasi dari awal hingga selesai.

Antusiasme masyarakat tampak dari jumlah peserta sosialisasi yang hadir di aula Kasntor Desa Mekartanjung. Seluruh kursi yang disediakan panitia hampir terisi semuanya.

Mereka menyimak materi sosialisasi yang disampaikan Kepala Desa Mekartanjung Eden Solihin dan narasumber lainnya. Masyarakat dapat memahami manfaat vaksinasi sebagai upaya penting untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

“Masyarakat harus siap menjalani vaksinasi. Langkah awalnya melalui sosialisasi ini. Dalam waktu dekat kami harus melaksanakan Vaksinasi Covid-19. Karena itu, sosialisasi vaksinasi menjadi kegiatan prioritas bagi kami,” kata Kades Eden.

Tujuan sosialisasi, ujar dia, antara lain untuk mendorong partisipasi masyarakat pada kegiatan vaksinasi nanti. Dengan sosialisasi tersebut, masyarakat dapat memahami manfaat vaksinasi sehingga mereka lebih siap mendapat suntikan Vaksin Covid-19.

“Sosialisasi ini diarahkan untuk meningkatkan peran serta perangkat desa untuk mengedukasi masyarakat agar bersemangat mengikuti vaksinasi Covid-19,”  ujar Eden. 

Kades juga menghimbau masyarakat agar tidak takut menerima suntikan vaksin. Karena pemerintah sudah menjamin kalau vaksin aman, sehat, dan halal. Selain itu pemerintah telah melatih tim vaksinator sehingga vaksinasi tidak akan menimbulkan efek negatif.

“Besar harapan saya agar masyarakat sehat semua. Kami  mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan  5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” tuturnya.

Peserta sosialisasi berasal dari berbagai kalangan seperti perangkat desa, lembaga desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan perwakilan warga lanjut usia.

Di penghujung kegiatan, Kades Eden membacakan deklarasi kesiapan dan kesanggupan masyarakat untuk melaksanakan prokes dan mengikuti Vaksinasi Covid-19. (*)