Pemkot Bayarkan Sisa Penyertaan Modal kepada Perumdam TBW

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Pemkot Sukabumi membayarkan sisa penyertaan modal untuk Perusahaan Umum Air Minum (Perumdam) Tirta Bumi Wibawa (Perumdam TBW) Kota Sukabumi sebesar Rp4 miliar. Dengan pembayaran sebesar itu, Pemkot Sukabumi telah merealiasikan penyertaan modal yang seluruhnya berjumlah Rp25 miliar.

“Sebelumnya telah direalisasikan sebesar Rp21 miliar, sekarang ditambah 4 miliar rupiah  untuk penyertaan modal yang dianggarkan secara bertahap. Penyertaan modal ini memperhatikan kondisi dan kemampuan keuangan daerah,” kata Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi kepada wartawan, Kamis (10/6/2021).

Dana yang disertakan pada Perumdam TBW itu, ujar dia, akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan dan menyehatkan keuangan perusahaan. Penggunaannya antara lain untuk perbaikan jaringan pipa.

“Penyertaan modal ini telah mendapat persetujuan dari DPRD Kota Sukabumi pada rapat paripurna 9 Juni lalu.  Semua fraksi menyetujui pemenuhan penyertaan modal tersebut walaupun disertai catatan dan sejumlah harapan,” kata dia.

Dihubungi terpisah, Dirut Perumdam TBW Kota Sukabumi, Abdul Kholik Fadjawani menyatakan, direksi dan jajarannya terus berupaya untuk memenuhi permintaan pelanggan. Selama ini Perumdam TBW mengandalkan pasokan air baku dari Batukarut, Cinumpang, dan Cigadog.

“Kami tengah mengupayakan untuk menambah sumber air yang baru. Kebutuhan air bersih untuk mensuplai air bersih ke pelanggan mencapai 400 liter per detik. Sementara ketersediaan air bersih baru mencapai 350 liter per detik,” ujar Abdul.

Beberapa rencana yang telah diusulkan antara lain  pemanfaatan sumber air permukaan Sungai Cimandiri ke Kementerian PUPR. Perumdam TBW juga akan memanfaatkan air permukaan Sungai Cipelang di Pondok Halimun. (*)