Libatkan Semua Lembaga, Desa Mekarsari Jadikan Sosialisasi 3M Sebagai Rutinitas

oleh -
Materi sosialisasi 3M dan prokes yang disebar secara offline dan online kepada seluruh warga Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Pemerintah Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadikan sosialisasi 3M dan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 sebagai rutinitas seminggu sekali. Pada kegiatan itu, Pemdes Mekarsari melibatkan semua lembaga desa dan para tokoh.

Kepala Desa Mekarsari, Iwan Ridwan menyatakan, sosialisasi 3M dan prokes tersebut merupakan bagian penting dari upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sosialisasi dilakukan secara mobile ke kampung-kampung atau pada setiap kegiatan massal yang dihadiri masyarakat.

“Secara rutin kami mengagendakan sosialisasi 3M dan protokol kesehatan. Waktunya satu minggu sekali. Tempatnya di kantor desa, posyandu, atau tempat berkumpul masyarakat. Sosialisasi juga disampaikan pada kegiatan-kegiatan masyarakat,” kata Iwan kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Sebagai kepala desa, Iwan tentu menjadi motor penggerak sosialisasi yang terus bergerak dari satu titik ke titik lainnya. Dia selalu berupaya untuk meyakinkan masyarakat tentang pentingnya memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir dalam pencegahan penyebaran Virus Corona.

Sebagai motor penggerak, Kades Iwan selalu menjadi pelopor dalam setiap upaya pencegahan Cobid-19. Dialah orang pertama di lingkungan perangkat desa yang menerima suntikan Vaksin Covid-19 dan mengikuti swab test.  

“Alhamdulillah desa kami sudah bisa melaksanakan tes swab gratis yang dananya dari anggaran program PPKM. Harapan kami, semua warga mendapat kesempatan untuk mengikuti swab test gratis,” tutur dia.

Bersamaan dengan itu, Kades Mekarsari juga secara proaktif mendatangi rumah warga yang positif terpapar Covid-19. Tujuan kunjungannya itu adalah untuk mensupport warga terpapar agar tetap bersemangat dalam memerangi Virus Corona di dalam tubuhnya.  

“Selain itu kunjungan ini untuk meyakinkan para tetangganya agar mereka tidak mengucilkan warga yang terpapar,” jelas dia.

Termasuk dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Iwan juga mendatangi masjid-masjid yang ada di Desa Mekarsari. Dia mengimbau takmir masjid untuk menggulung seluruh karpet yang terpasang dan membiarkan lantai tanpa alas. 

“Kami sarankan kepada DKM agar mengimbau jamaah masjid membawa sajadah dari rumahnya masing-masing,” ujar Iwan. (*)