Dinas PUPR Luncurkan Program Renovasi 610 RTLH

oleh -
Kepala Seksi Permukiman pada Dinas PUPR Kota Sukabumi, Yusuf Chaeri.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Sukabumi meluncurkan program renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) yang berasal dari program bantuan dari Pemprov Jabar tahun 2021. Pada program tersebut, jumlah RTLH yang direnovasi mencapai 610 unit yang tersebar di 9 kelurahan.

Kepala Seksi Permukiman pada Dinas PUPR Kota Sukabumi,  Yusuf Chaeri mengatakan, program renovasi RTLH akan dilaksanakan secara bertahap mulai bulan Juni 2021 ini. Keseluruhan program renovasi RTLH itu akan tuntas pada akhir tahun 2021.

“Program rehabilitasi RTLH ini dimulai bulan Juni ini dan berjalan sampai akhir tahun. Pelaksanaannya secara bertahap,” kata Yusuf kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Dijelaskannya setiap rutilahu akan mendapatkan bantuan sebesar Rp17.500.000 yang terdiri dari bantuan untuk bahan material sebesar Rp16.500.000, bantuan upah pekerja Rp700.000, dan sisanya untuk operasional Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) di kelurahan.

“Dalam program tersebut, pelaksana harus bersinergi dengan berbagai pihak untuk melancarkan kegiatan renovasi. Pelaksana pembangunan juga melibatkan masyarakat untuk bergotong royong dalam membantu renovasi rumah,” ujar dia.

Yusuf mengharapkan program rehabilitasi RTLH di 9 kelurahan dapat berjalan dengan lancar sesuai  rencana dan harapan warga. Guna memastikan program tersebut berjalan dengan baik dan benar, Dinas PUTR telah menjadwalkan kegiatan monitoring dan evaluasi.

“Untuk tahun 2022, Dinas PUTR telah mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat bantuan rehabilitasi RTLH sebanyak 400 unit rumah. Mudah-mudahan terwujud,” kata Yusuf. (*)