Pemdes Cibodas Tuntaskan Penyusunan LKPPD Tahun 2020

oleh -
Kepala Desa Cibodas H. Ujang Suparman (kedua kiri) bersama perangkat desa dan BPD ketika menghadiri rapat penyerahan LKPPD tahun 2020.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Kepala Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, H. Ujang Suparman menyatakan rasa syukur karena dia dan jajarannya telah menuntaskan penyusunan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD) tahun anggaran 2020. Dokuman LKPPD 2020 telah diserahkan kepada BPD Cibodas.

“Alhamdulillah, puji syukur, kami telah menyelesaikan penyusunan LKPPD tahun 2020 pada rapat lengkap di desa kami,” kata Ujang kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

LKPPD, ujar dia, merupakan bahan evaluasi dan tolok ukur untuk menentukan rencana kegiatan lanjutan dan sebagai bahan kebijakan bagi Pemkab Sukabumi dalam menentukan program dan kegiatan di desa pada tahun anggaran berikutnya.

Kegiatan penyerahan LKPPD tahun 2020 dilaksanakan di balai Desa Cibodas, Selasa (8/6/2021). Pada kegiatan itu tampak hadir kepala desa, sekretaris desa, seluruh perangkat desa, ketua dan anggota BPD, seluruh lembaga desa, kader, para ketua RT/RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan perwakilan dari kantor kecamatan. 

“Kami telah berupaya semaksimal mungkin untuk menyelenggarakan dan meningkatkan pelayanan di berbagai bidang selama tahun 2020. Semoga tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya dapat semakin meningkat,” kata dia.

Pelayanan yang diselenggarakan meliputi berbagai bidang antara lain administrasi pemerintahan, pembangunan fisik, pembangunan nonfisik, pemberdayaan masyarakat, pendidikan nonformal, dan kesehatan. 

Dia juga menyampaikan, dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan pada tahun lalu masih banyak kekurangan. Ujang menyadari, dalam praktiknya, proses pemenuhan kebutuhan masyarakat agar sesuai dengan target yang ditentukan dalam RPJM Desa dan RKPDesa menghadapi banyak kendala sehingga hasil yang dicapai masih jauh dari sempurna.

“Hal tersebut tentu saja tidak terlepas dari kelemahan dan kekurangan kami yang masih membutuhkan arahan dan bimbingan serta pembinaan dari pihak-pihak terkait,” tutur kades.

Ujang pun mengakui LKPPD yang disampaikan masih jauh dari sempurna. Dia pun meminta masukan, koreksi, arahan, dan usulan inovatif untuk perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan di Desa Cibodas.

Semua itu, kata dia,  demi terwujudnya Desa Cibodas sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berbasis potensi lokal sehingga menjadi desa terkemuka di Kabupaten Sukabumi. (*)