Wabup Harapkan MUI Sinergikan Program untuk Wujudkan Sukabumi Religius, Maju, dan Inovatif

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri menyampaikan arahan pada pembukaan Musda XI MUI Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri meresmikan Musyawarah Daerah (Musda) XI Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sukabumi di salah satu hotel di Cicantayan, Selasa (8/6/2021). Dalam arahannya wabup mengharapkan MUI bisa mensinergikan program kerjanya dengan upaya mewujudkan visi Sukabumi Religius, Maju, dan Inovatif.

“Mensinergikan program kerja tersebut merupakan bentuk ikhtiar untuk melanjutkan kebaikan yang dapat dilakukan oleh MUI bersama pemda, terutama dalam konteks religiusnya. Semua ini demi untuk mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius, maju, dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir dan batin,” kata Wabup Iyos.

Musda XI MUI Kabupaten Sukabumi, ujar dia, hendaknya dijadikan momentum untuk menyelaraskan, menyinergikan, dan mengkolaborasikan program kerja dengan arah dan tujuan pembangunan di daerah.

Jajaran pengurus MUI harus bisa melaksanakan visi-misi, program kegiatan, target capaian, hingga menjabarkan berbagai kebijakan  secara akurat agar selaras dengan visi misi pembangunan.

“MUI Kabupaten Sukabumi ke depannya memiliki tugas dan peran yang semakin berat terlebih dengan adanya berbagai tantangan yang semakin beragam. Keberadaan ulama sudah sepantasnya berperan menjadi sandaran umat sekaligus bersatu dan menghidupi umat,” ucapnya.

Oleh karena itu, tambah Wabup, MUI harus peka terhadap permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat serta harus berperan aktif dalam menemukan berbagai solusi alternatif beserta rekomendasinya.

Musda XI MUI Kabupaten Sukabumi berlangsung selama dua hari. Salah satu agenda utamanya adalah pemilihan Ketua MUI Kabupaten periode berikutnya.

“Kami harapkan Musda MUI ini bisa menghasilkan pemimpin yang terbaik. Sehingga MUI Kabupaten bisa semakin maju,” ujar Iyos.

Dalam sambutannya Ketua MUI Kabupaten Sukabumi Prof. KH A. Oman Komarudin mengatakan, Musda XI harus bisa menghasilkan ketua dan pengurus baru yang lebih baik dari kepengurusan yang lama.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami sebagai pengurus. Semoga kepengurusan yang baru  bisa bersinergi dengan lebih baik dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi,” kata Kiai Oman. (*)