Program Vaksinasi Mobile Polres Sukabumi Kota Mendekatkan Lansia ke Fasilitas Vaksinasi

oleh -
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni (kiri) bersama wakil Wali Kota Sukabumi H. Andri Setiawan Hamami (kanan) dan Kapolsek Baros Kompol Wahyudi (kedua dari kiri) di lokasi vaksinasi mobile bagi lansia di Kelurahan Baros, Kota Sukabumi.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Polres Sukabumi Kota, Polda Jabar terus menggencarkan Vaksinasi Covid-19 bagi warga dari kalangan lansia (lanjut usia). Pada program ini, jajaran Polres Sukabumi Kota membagikan paket sembako kepada warga lansia yang telah selesai vaksinasi.

Ketika ditemui pada vaksinasi mobile di Posyandu Delima 3 RW 03 Kelurahan Baros,  Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Senin (7/6/2021), Kapolres Sukabumi Kota AKBP mengatakan, vaksinasi mobile yang diinisiasi jajarannya bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mengakselerasi vaksinasi bagi lansia.

“Kami membantu Pemkot Sukabumi untuk mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi lansia. Melalui layanan vaksinasi mobile, kami mendatangi para lansia di posyandu terdekat dengan tempat tinggal mereka. Jadi para lansia tidak perlu datang ke fasilitas kesehatan yang telah ditetapkan sebagai tempat vaksinasi,” kata AKBP Sumarni.

Vaksinasi  di Posyandu Delima 3 itu merupakan hasil kerja sama Polsek Baros dan Puskesmas Baros serta unsur muspika setempat.  Di tempat vaksinasi mobile, tampak hadir Wakil Wali Kota Sukabumi H. Andri Setiawan Hamami, Kapolsek Baros Kompol Wahyudi.

“Alhamdulilah hari ini sudah terlaksana vaksinasi untuk 20 warga lansia di RW 03  Kelurahan Baros. Program ini akan dilanjutka ke kelurahan-kelurahan  yang pencapaian vaksinasi lansianya masih rendah. Semoga kegiatan ini bisa membantu pemerintah daerah dalam menghentikan penyebaran Covid-19,” ujar Kapolres.

AKBP Sumarni juga mengingatkan masyarakat yang telah menjalani vaksinasi agar tidak terlena. Dia mengimbau mereka untuk tetap melaksanakan 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Usai mengikuti vaksinasi, para lansia mendapatkan paket sembako yang telah disiapkan oleh jajaran Polres Sukabumi Kota. Terkait pemberian paket sembako ini, AKBP Sumarni menjelaskan, hal itu untuk memotivasi warga agar tetap semangat berjuang melawan Covid-19. Selain itu untuk meringankan beban wartga di tengah pandemi yang belum juga berakhir.  

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, pencapaian vaksinasi untuk lansia di Kota Sukabumi masih cukup rendah yaitu hanya 19% untuk vaksinasi tahap pertama dan 11% untuk vaksinasi tahap kedua. Peran serta Polres Sukabumi Kota melalui vaksinasi mobile sangat membantu pemda dalam meningkatkan kinerja vaksinasi.

Di tempat yang sama Wakil Walikota Sukabumi H. Andri Setiawan Hamami menyampaikan  apresiasi terhadap layanan vaksinasi mobile yang digulirkan Polres Sukabumi Kota. Menurut Andri, program tersebut sangat membantu pemda dalam meningkatkan akselerasi vaksinasi bagi lansia di Kota Sukabumi.

“Vaksinasi mobile ini mendekatkan para lansia ke sarana vaksinasi Covid-19 yang disiapkan oleh pemda, mereka tidak perlu ke puskesmas. Warga lansia jadi termotivasi untuk mengikuti vaksinasi Covid-19,” ujar Andri. (*)