Pengamat Kebijakan Publik Sebut Tiga Nama Kandidat Kuat Sekda Kabupaten Sukabumi

oleh -
Pengamat kebijakan publik, Asep Deni.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Beberapa nama pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi muncul sebagai calon sekretaris daerah (sekda) di masa kepemimpinan Bupati H. Marwan Hamami dan Wakil Bupati (Wabup) H. Iyos Somantri.

Di antara nama-nama yang memiliki peluang untuk mengisi posisi jabatan PNS tertinggi di daerah itu antara lain Kepala BKPSDM Ade Suryaman, Kepala Dinsos Teja Sumirat, Kepala DP3A Aisyah, Kepala DPMPTSP Zainul, Kepala DPU Asep Japar, Staf Ahli Dana Budiman, dan Kepala DPKUKM Ardiana Trisnawiana.

Pengamat kebijakan publik Asep Deni menyebutkan nama-nama tersebut memiliki kompetensi dan memenuhi syarat untuk menduduki jabatan Sekda Kabupaten Sukabumi. Namun menurut Asep Deni secara administratif ada tiga nama pejabat yang berpleuang paling besar yaitu Ade Suryaman, Teja Sumirat, dan Aisyah.

“Calon sekda harus memenuhi syarat administrasi kepegawaian. Selain itu calon terpilih harus mampu membangun konsolidasi dan komunikasi di internal maupun eksternal Pemkab Sukabumi,” ujar Asep Deni ketika dihubungi wartawan via telepon seluler, Ahad (6/6/2021).

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, sekda harus terus menjalin komunikasi dengan unsur pimpinan di tingkat daerah yang tergabung di dalam Forkopimda, termasuk DPRD di dalamnya. Juga dengan berbagai kalangan masyarakat.

Persyaratan administratif yang dimaksud antara lain  berumur paling tinggi 56 tahun, memiliki golongan minimal IVb, dan pernah menduduki jabatan eselon II.

Sekda terpilih, lanjut Dosen STIE PGRI Sukabumi tersebut,  harus mampu membangun konsolidasi di tengah aparatur Pemkab Sukabumi yang sempat “terpecah” selama Pilkada lalu.  Sebagai pejabat dengan pangkat tertinggi di daerah, sekda harus terus mengkonsolidasikan birokrat untuk melupakan beban Pilkada dan bersama-sama mewujudkan visi misi Bupati-Wabup Sukabumi.

Penentuan sekda dilakukan melalui seleksi terbuka (selter) jabatan pimpinan tinggi pratama bersama seleksi lima kepala perangkat daerah.

Pendaftaran dan verifikasi berkas pada selter itu dimulai tanggal 20 Mei sampai dengan 15 Juni 2021. Proses seleksi administrasi dilaksanakan selama 16-18 Juni 2021 yang dilanjutkan dengan seleksi-seleksi lainnya. Pengumuman hasil seleksi akhir pada 6 Agustus 2021. (*)

Calon Terpilih Harus Mampu Membangun Konsolidasi dan Komunikasi