Percepat Pembentukan Imunitas Masyarakat, Bupati akan Gencarkan Vaksinasi Mobile

oleh -
Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap kedua untuk lansia hasil kerja sama Pemkab Sukabumi dengan IKA Unpar di GOR Cisaat berjalan lancar disertai pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memantau pelaksanaan Covid-19 untuk warga lansia tahap kedua di GOR Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (5/6/2021). Pada kunjungan itu Bupati Marwan menyatakan, untuk menuntaskan vaksinasi bagi lansia, Pemkab Sukabumi akan menggencarkan Vaksinasi Covid-19 secara mobile.

Pelaksanaan vaksinasi merupakan hasil kerja sama antara Pemkab Sukabumi dengan Ikatan Alumni Universitas Kristen Parahyangan (IKA Unpar) Bandung dan Yayasan Darma Wulan. Vaksinasi dilaksanakan di dua tempat, satu titik lagi di RSUD Sekarwangi, Cibadak.

“Kami akan mendorong percepatan vaksinasi bagi lansia untuk mempercepat imunitas masyarakat terhadap serangan Virus Corona. Salah satunya dengan vaksinasi mobile,” kata bupati di tengah pemantauan vaksinasi lansia.

Melalui vaksinasi mobile, ujar dia, tim vaksinator bergerak untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Selama ini banyak warga yang akan divaksin, terutama lansia, mengalami kesulitan untuk datang ke tempat vaksinasi. Dengan vaksinasi mobile, tim vaksinator yang mendatangi masyarakat.

“Setiap fasilitas kesehatan yang ada di kecamatan dan desa akan dimobile agar dapat memberikan pelayanan Vaksinasi Covid 19. Jadi, masyarakat bisa terlayani dengan cepat,” tutur Marwan.

Pada bagian lain bupati mengimbau masyarakat, termasuk mereka yang telah divaksin  untuk tetap melaksanakan aturan protokol kesehatan Covid-19. Dia mengingatkan masyarakat untuk selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Mentaati protokol kesehatan dan vaksinasi merupakan cara yang ampuh untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona,” kata Marwan.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinkes Kabupaten Sukabumi dr. Rika Mutiara menjelaskan, jumlah warga yang diberi suntikan Vaksin Covid-19 mencapai 352 orang yaitu kelompok warga lansia dan pendampingnya. Rinciannya 218 orang divaksin di GOR Cisaat dan 134 orang di RSUD Sekarwangi.

“Selain vaksinasi kedua, kami juga membuka layanan vaksinasi pertama bagi lansia yang belum menjalani suntikan vaksin,” kata Rika.  

Kegiatan vaksinasi tersebut melibatkan tujuh tim vaksinator, dua bertugas di RSUD Sekarwangi dan lima di GOR Cisaat. Mereka berasal dari beberapa puskesmas  yaitu Puskesmas Cibadak, Puskesmas Sekarwangi, Puskesmas Cisaat, Puskesmas Cibolang, Puskesmas Selajambe, Puskesmas Sukaraja, dan Puskesmas Karawang.

Salah seorang penerima Vaksin Covid-19 tahap dua, Suhaeti (61) asal Kecamatan Cisaat menyatakan puas dengan pelayanan tim vaksinator. Setelah vaksinasi, baik yang pertama maupun yang kedua, Suhaeti tidak mengalami keluhan atau gejala yang aneh-aneh.

“Saya tidak mengalami apa-apa, tubuh saya tetap segar bugar.  Pelayanannya bagus, saya merasa puas,” kata dia. (*)