Polres Sukabumi Kota Sinergikan Operasi Prokes dan Penertiban Lalu Lintas

oleh -
Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Sukabumi Kota, Ipda Ade ketika memimpin operasi yustisi protokol kesehatan dan operasi lalu lintas di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Jajaran Polres Sukabumi Kota tetap konsisten melaksanakan operasi yustisi  penegakan aturan protokol kesehatan (prokes)  untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Operasi yustisi tersebut disinergikan dengan operasi lalu lintas.

Sinergitas kedua operasi itu terlihat pada operasi yang digelar Polres Sukabumi Kota dan jajaran di kawasan Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Jumat (4/6/2021) siang. Pada operasi itu, para petugas menegur warga yang tidak memakai masker.

Setelah menegur, petugas memberikan masker untuk dipakai warga tersebut. Petugas juga memberikan surat tilang kepada para pelanggar aturan lalu lintas.

Tim yang diterjunkan pada operasi yustisi dan operasi lalu lintas itu terdiri dari Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi Kota, Polsek Cikole, dan Polwan Polres Sukabumi Kota.

Kanit Turjawali Satuan Lantas Polres Sukabumi Kota, Ipda Ade kepada awak media di lokasi operasi mengatakan, tujuan operasi adalah untuk mengawasi dan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Virus Corona. Selain itu untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.  

Di tempat operasi, petugas menjaring pejalan kaki serta pengendara sepeda motor maupun mobil yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Petugas mendapati mereka tidak mengenakan masker.

“Kami memberikan masker gratis kepada masyarakat yang tidak memperhatikan protokol kesehatan. Setelah itu petugas meminta mereka untuk mengenakan masker tersebut,” kata Ipda Ade.

Selama operasi berlangsung sampai menjelang tibanya shalat Jumat, tim gabungan menghabiskan 50 buah masker yang dibagikan kepada warga. Kanit Turjawali dan para petugas di lapangan tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk mentaati dan menerapkan prokes.  

“Kami mengimbau seluruh warga masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan pada setiap akitivitas. Biasakanlah menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” ujar Ipda Ade. (*)