Dikepung Hujan Deras, Wilayah Gunungpuyuh Banjir dan Longsor

oleh -
Tim penanggulangan bencana bersama masyarakat turun ke lapangan untuk menangani dampak longsor di Kampung Kampung Tegalpari RW 08 Kelurahan Gunungpuyuh, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus

Editor Wawan AS

Wilayah Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi dilanda banjir dan longsor ketika hujan deras melanda kawasan Sukabumi dan sekitarnya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi beserta tim Aksi Siap Bencana (ASB) sigap menanggulangi bencana-bencana tersebut sehingga dampaknya bisa diminimalisir. 

“Kami telah menangani dampak dari kejadian banjir dan longsor di Kecamatan Gunungpuyuh. Tim bekerja sama dengan masyarakat dalam penanggulangan bencana,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, Rabu (2/6/2021).

Hujan deras melanda wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi pada Selasa, 1 Juni 2021 sore. Curah hujan dengan intensitas tinggi memicu dua bencana banjir dan satu longsor di Kecamatan Gunungpuyuh. Longsor terjadi di Kampung Tegalpari RW 08 Kelurahan Gunungpuyuh.

“Akibat longsor, tanah dari tebing menutup area pesawahan dan jalan setapak. Tim dari BPBD dibantu aparat di wilayah serta masyarakat membersihkan longsoran dari pesawahan dan badan jalan,” jelas Zulkarnain.  

Sementara banjir terjadi di Kampung Tegalpari RW 11 Kelurahan Gunungpuyuh dan RW 05 Kelurahan Karangtengah. Banjir di Tegalpari merendam rumah warga dengan tinggi genangan air kurang lebih 40 cm. Begitu pula banjir di Kelurahan Karangtengah menggenangi 25 unit rumah dengan ketinggian air mencapai 40 cm.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang yang merupakan dampak peralihan musim,” ujar Zulkarnain. (*)