Para Korban Longsor di Cikurutug Ditangani Desa dan Kecamatan

oleh -
Halaman rumah warga di Desa Cikurutug yang terdampak longsor dari atas tebing.
Salah satu rumah terdampak longsor mengalami kerusakan pada dindingnya.  

Wartawan Agus Setiawan                        

Editor Wawan AS

Para korban longsor di Kampung Cikurutug RT 03 RW 05 Desa Cikurutug, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi mendapat penanganan tim gabungan pemerintah desa dan kantor kecamatan setempat. Mereka ditempatkan di rumah yang aman sementara korban luka-luka mendapat perawatan oleh tim medis Puskesmas Cireunghas.

“Pasca kejadian kami bersama Bhabinkamtibmas langsung turun ke TKP. Polisi telah memasang police line. Kami mengimbau wargar terdampak longsor agar mengungsi untuk sementara waktu. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa pada kehjadian ini,” kata Kades Cikurutug, Muhammad Ripai kepada wartawan, Rabu (2/5/2021).

Longsor di Kampung Cikurutug terjadi pada Selasa (1/6/2021) sore sekitar pukul 17.45 WIB di tengah hujan deras. Pada bencana itu, bentangan tebing dengan panjang  15 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 12 meter runtuh dan menimpa rumah warga. Dua unit rumah terdampak, halamannya tertimbun tanah.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, 3 korban mengalami luka-luka.

“Setelah longsor, tim gabungan desa dan kecamatan langsung mengamankan lokasi dan mengevakuasi para korban,” ujar Ripai.

Siang ini, Pemdes Cikurutug bersama perwakilan kantor kecamatan, TNI, dan Polri berserta masyarakat menggelar kerja bakti untuk membersihkan rumah warga  yang terkena longsoran tanah.

Nama-nama pemilik rumah yang terdampak longsor terdiri dari Taufik Rahman (64) dengan jumlah tanggungan 6 orang dan Lili Abdillah (38) dengan jumlah tanggungan 2 orang.

Adapun nama-nama korban luka: Deni Iskandar (40), Ai Sarah (26), dan Muhamad Dafa Abimana Sidiq (2). (*)