Program PUPR Sampai ke Pelosok, Desa Cimenteng Perbaiki Irigasi Cisampih

oleh -
Peningkatan irigasi pada Daerah Irigasi Cisampih melalui program P3-TGAI dilaksanakan oleh P3A Cimenteng Jaya.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Program Peningkatan Percepatan Pembangunan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI memberikan berbagai kemudahan kepada para petani. Dengan program ini, para petani memiliki akses ke sumber air yang dialirkan melalui saluran irigasi.

Karena itu para petani yang tergabung di dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Cimenteng Jaya di Desa Cimenteng, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi menyambut dengan antusias program P3-TGAI Kementerian PUPR itu. Dengan program tersebut, P3A Cimenteng Jaya dapat meningkatkan mutu jaringan irigasi di Daerah Irigasi (DI) Cisampih.

“Pembangunan jaringan irigasi Cisampih ini dilaksanakan secara swakelola oleh kami dengan dana dari pemerintah pusat. Sampai sekarang penyelesaiannya sudah sekitar 90 persen,” kata Ketua P3A Cimenteng Jaya, Muhayan kepada wartawan, Selasa (1/6/2021).

Karena proyek tersebut dilaksanakan secara swakelola, ujar dia, P3A Cimenteng Jaya  mengerjakannya dengan sepenuh hati disertai niat dan tekad untuk pengabdian pada masyarakat. Proyek irigasi ini oleh petani untuk petani. Para petani juga bertekad untuk membuat jaringan irigasi yang kuat dan kokoh karena hasilnya untuk mereka. 

“Dalam mengerjakan proyek irigasi ini, kami selaku pelaksana selalu memperhatikan bimbingan, arahan, dan petunjuk dari tim dari Kementerian PUPR dan Kepala Desa Cimenteng agar hasil pekerjaan sesuai dengan pedoman umum, juklak, dan juknisnya,” jelas Muhayan.

Atas nama tim pelaksana kegiatan, Muhayan menyampaikan terima kasih kepada Bian Robet Vetdiansyah selaku Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) yang telah memfasilitasi dan membimbing P3A Cimenteng Jaya dalam pelaksanaan pembangunan irigasi sehingga bisa berjalan dengan lancar.

“Kami juga menghaturkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memperhatikan keadaan para petani di Pajampangan. Adanya perbaikan irigasi ini, pesawahan kami tidak akan kekurangan air,” kata dia.

Salah seorang warga Desa Cimenteng Yayan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada P3A Cimenteng Jaya yang sukses mengerjakan pembangunan irigasi dari program P3-TGAI. Dengan adanya irigasi yang dibangun itu, ujar Yayan, para petani tidak akan mengalami kesusahan akibat kesulitan mendapatkan pasokan air.

Kepala Desa Cimenteng Herry Sobar Winara menyatakan, program P3-TGAI untuk peningkatan irigasi di desanya berasal dari Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Sungai Citarum Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI. Dia yakin program ini dapat meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas para petani. 

“Kami mengharapkan perbaikan irigasi ini dapat meningkatkan produksi hasil pertanian di Desa Cimenteng,” ucap Herry. (*)