Wujudkan Zona Integritas, Setukpa Membuka Pintu untuk Pelaporan Pelanggaran

oleh -
Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum. menyampaikan arahan pada sosialisasi Whistle Blowing System di hadapan para siswa dan jajaran Setukpa Lemdiklat Polri.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Guna mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Setukpa Lemdiklat Polri mendorong akan menerapkan Whistle Blowing System (WBS).

Dengan sistem pelaporan pelanggaran tersebut, Setukpa membuka pintu selebar-lebarnya untuk menerima laporan atau informasi tentang pelanggaran di lingkungan institusi pendidikan Polri tersebut.

Terkait dengan itu Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum. menggelar sosialisasi WBS kepada seluruh jajaran dan siswa SIP Angkatan ke-50 Tahun Akademik 2021 di Lapangan Sutadi Ronodipuro, Setukpa Lemdiklat Polri, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (31/5/2021).

Dalam arahannya, Brigjen Mandiz menyampaikan, melalui WBS, masyarakat atau siswa dan personel Setukpa dapat menyampaikan informasi atau mengadukan perbuatan yang berindikasi pelanggaran di lingkungan Setukpa Lemdiklat Polri. Pelapor haruslah orang yang bukan bagian dari pelanggaran dan atau kejahatan yang diadukannya. 

Nantinya WBS akan ditunjang oleh aplikasi yang memudahkan para siswa ataupun personel Setukpa untuk menyampaikan laporan atau pengaduan. Laporan yang disampaikan bisa berupa dugaan penyalahgunaan wewenang, pelanggaran disiplin, tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme, diskriminasi dan pungli atau gratifikasi.  

“Sosialisasi ini merupakan wujud keseriusan kami dalam menindaklanjuti deklarasi pencanangan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di Setukpa Lemdiklat Polri,” kata Brigjen Mardiaz.

Sementera itu Kabag Diklat Setukpa Lemdiklat Polri Kombes Pol Drs H Darmanto memaparkan perihal gratifikasi. Menurut Darmanto, inti dari sosialisasi yang menyangkut gratifikasi tersebut bertujuan agar seluruh personel Setukpa dan para siswa tidak terjebak dan melakukan praktik-praktik menyimpang tersebut.

Kegiatan sosialisasi ditutup dengan yel-yel para siswa SIP Angkatan ke-50 Tahun Akademik 2021 dan personel Setukpa untuk meraih predikat WBK dan WBBM oleh Setukpa Lemdiklat Polri. (*)