Puskesmas Sukabumi Gencarkan Prokes dan Pencapaian Target Vaksinasi

oleh -
Vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia di Puskesmas Sukabumi ditargetkan sebanyak 100 orang tiap hari.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Puskesmas Sukabumi Pemkot Sukabumi terus menggencarkan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) dan upaya mencapai target Vaksinasi Covid-19 untuk lansia. Sebagai salah satu dari 11 puskesmas sentra Vaksinasi Covid-19 di Kota Sukabumi, Puskesmas Sukabumi diberi target memberikan Vaksin Covid-19 kepada 100 warga lansia per hari.

“Berkat kerja keras seluruh jajaran, kasus positif Covid-19 di wilayah kerja kami mengalami penurunan,” kata Kepala Puskesmas Sukabumi, dr. Syarifah Nur kepada wartawan, Senin (24/5/2021).

Setelah dimulai Vaksinasi Covid-19, tim medis dan staf Puskesmas Sukabumi tidak mengendurkan sosialisasi penerapan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir. Secara internal Puskesmas Sukabumi menerapkan prokes 3M dengan ketat kepada pegawai maupun pengunjung.

Bersama Satgas Penanganan Covid-19, Puskesmas Sukabumi juga mengimbau masyarakat untuk menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Jika tidak ada keperluan yang benar-benar mendesak dan urgen, warga dianjurkan untuk tetap berada di rumah.   

“Untuk Vaksinasi Covid-19 untuk warga lansia, kami manargetkan selesai pada tanggal 18 Juni 2021. Selanjutnya program vaksinasi menunggu keputusan dari pusat,” ujar Syarifah.

Dia dapat bernapas lega karena kesadaran dan partisipasi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Sukabumi cukup tinggi. Tidak terlalu sulit untuk menghadirkan lansia yang telah masuk ke dalam daftar warga yang akan diberi suntikan Vaksin Covid-19.

Selain Puskesmas Sukabumi yang terletak di Jalan RA Kosasih Kota Sukabumi, 10 fasilitasi kesehatan yang masuk 11 sentra Vaksinasi Covid-19 terdiri dari Puskesmas-puskesmas Sukakarya, Pabuaran, Benteng, Cikundul, Cibeureum, Baros, Karangtengah, Selabatu, Cipelang, dan Puskesmas Citamiang.

Sampai dengan Jumat (21/5/20210, jumlah warga lansia di Kota Sukabumi yang telah mengikuti  Vaksinasi Covid-19 mencapai 4.015 orang. (*)