Harkitnas, Bupati Dorong Masyarakat Tidak Kendor dalam Bekerja

oleh -
pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-113.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) hendaknya dapat dijadikan penggugah semangat untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di tengah masyarakat. Dengan semangat Harkitnas, masyarakat dapat menghadap dan menyelesaikan berbagai persoalan dengan sikap tangguh dan tegar.

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami setelah mengikuti peringatan Harkitnas ke-113 tahun 2021 di Pendopo Sukabumi, Kamis (20/5/2021). Peringatan Harkitnas dilaksanakan secara hibrid bersama para kepala daerah seluruh Indonesia yang mengikuti kegiatan melalui fasilitas saluran virtual. Kegiatan dipimpin oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate.

“Hendaknya peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini menjadi pendorong semangat bagi masyarakat agar tidak kendor dalam bekerja untuk menghadapi dan menyelesaikan persoalan,” kata bupati.

Pada kegiatan itu bupati hadir bersama Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan para kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sukabumi.

“Mari kita tanamkan semangat kejuangan untuk membangun Indonesia dan Kabupaten Sukabumi,” ajak Marwan.

Bupati juga menyerukan masyarakat agar memanfaatkan gadget teknologi informasi untuk memudahkan berkomunikasi di tengah pandemi Covid-19. Dengan adanya teknologi informasi, masyarakat dapat mengurangi kegiatan tatap muka yang berpotensi mengundang kerumunan.

Pada kesempatan itu, bupati dan wakil bupati menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba pengelolaan arsip perangkat daerah  dan arsiparis berkinerja baik.

Sementara dalam amanatnya, Menteri Kominfo mengatakan, 113 tahun yang lalu perhimpunan Budi Utomo telah meletakkan dasar-dasar kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia yang melahirkan cita-cita memerdekakan  manusia, memajukan nusa dan bangsa, dan mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat serta bermartabat di mata dunia.

Peringatan Harkitnas, ujar dia, bukan sekadar ritual untuk mengenang kejayaan anak bangsa di masa lalu dalam membangun soliditas dan persatuan bangsa.  Kegiatan ini harus menjadi pembangkit semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh.

“Hal ini sesuai tema kegiatan peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini. Bangkit! Kita Bangsa Tangguh,” ucapnya.

Selain itu, semangat kebangkitan nasional  mengajarkan semua untuk tetap optimis, terutama dalam menghadapi rintangan dan persoalan

“Tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19. Tangguh dalam menghadapi beragam tantangan seperti hoaks, disinformasi, dan misinformasi,” ungkap  Johnny.

Menteri Kominfo juga mengajak semua pihak untuk memanfaatkan ruang digital secara tepat dan bijak. Dia mengimbau masyarakat agar memanfaatkan ruang digital untuk hal-hal yang  bermanfaat semisal mengembangkan kegiatan ekonomi secara digital.

“Bisnis ekonomi digital tumbuh dengan pesat. Ekonomi digital dapat membantu pemulihan ekonomi nasional,” tuturnya. (*)