Perda Mendorong Tingkatkan Peran Serta Masyarakat dalam Inovasi Daerah

oleh -
Plt Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Perda Kota Sukabumi tentang Inovasi Daerah dapat mendorong peningkatan peran serta masyarakat dalam mengajukan inovasi daerah. Dengan perda tersebut, masyarakat, ASN, kepala daerah, atau pimpinan DPRD dapat mengajukan inovasi daerah untuk memajukan dan membangun daerah.

“Salah satu isi dari Perda Inovasi Daerah adalah mengatur pengajuan inovasi dari masyarakat maupun dari kalangan ASN. Salah satu tujuan dari perda ini adalah untuk meningkatkan peran serta dan keterlibatan masyarakat dalam melahirkan inovasi daerah,” kata Plt Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah dihubungi melalui telepon selulernya,  Ahad (16/5/2021).

Fungsi Perda Inovasi Daerah antara lain sebagai wadah untuk menaungi inovasi-inovasi yang diajukan oleh ASN, DPRD maupun masyarakat. Inovasi dimaksud adalah inovasi pelayanan publik.

“Secara keseluruhan tujuan perda ini adalah untuk meningkatkan kinerja pelayanan perangkat daerah serta mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik. Selain itu untuk meningkatkan pemberdayaan dan peran serta masyarakat dan daya saing daerah,” ujarnya.  

Perda mengatur, pengajuan inovasi pelayanan publik diajukan melalui  Bidang Litbang pada Bappeda Kota Sukabumi. Selanjutnya Bidang Litbang memverifikasi dan melakukan kajian inovasi yang masuk untuk diajukan ke Wali Kota.

“Mengacu pada perda ini, para ASN yang mengikuti Diklat harus mengajukan inovasi pelayanan publik. Jadi nanti akan banyak ajuan inovasi daerah yang memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu pelayanan publik agar semakin lebih baik,” kata Reni.

Pada bulan Agustus mendatang, kata Reni, Bappeda akan menggelar sosialisasi Perda Inovasi Daerah melalui kegiatan festival. Sesuai amanat perda, pada festival itu, Pemkot Sukabumi akan memberikan penghargaan kepada ASN atau masyarakat yang menjadi juara lomba inovasi daerah. 

“Inovasi terbaik akan diberikan reward sesuai dengan amanah pada Perda Inovasi Daerah,” jelasnya. 

Di Jawa Barat, lanjut Reni, Perda Inovasi Daerah merupakan rintisan atau yang pertama. Di daerah lain pengaturan tentang inovasi daerah baru melalui peraturan wali kota atau peraturan bupati. (*)