Shalat Idul Fitri di Masjid Agung Kota Sukabumi 100 Persen Prokes

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dalam pidato Idul Fitri menyampaikan apresiasi kepada warga Kota Sukabumi yang konsisten melaksanakan protokol kesehatan.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Pelaksanaan shalat Idul Fitri di Masjid Agung Kota Sukabumi, Kamis (13/5/2021),  100 persen menerapkan protokol kesehatan (prokes). Jamaah yang hadir semuanya mengenakan masker dan duduk  dengan menjaga jarak sesuai patokan yang ditentukan oleh takmir masjid.

Sebelum masuk masjid, umat Islam yang akan menunaikan shalat Id mencuci tangan di wastafel atau dengan handsanitizer yang dibawanya. Begitu juga setelah selesai shalat, jamaah tidak menggelar jabat tangan, tapi dengan kode dua tangan di dada sebagai tanda saling bermaafan.

Dalam pidatonya, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi  menyampaikan terima kasih kepada jamaah yang menaati prokes untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19. Fahmi mengharapkan warga Kota Sukabumi terus membiasakan penerapan prokes pada setiap aktivitas dan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menaati aturan peniadaan mudik pada Idul Fitri 1442 Hijriyah ini,” ujar wali kota.

Menaati prokes dan melaksanakan aturan tidak mudik, ujar dia, merupakan salah satu ikhtiar untuk mengakhiri pandemi. Fahmi memuji warga yang selalu mentaati prokes dan menjalankan imbauan pemerintah terkait upaya memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

“Kita telah dua kali menjalani bulan Ramadhan dalam situasi pandemi Covid-19. Situasi ini telah mengajarkan kita bahwa kita tetap dapat beribadah secara konsisten tanpa mengabaikan protokol kesehatan,” kata dia.

Sebagian besar warga yang hadir pada shalat Idul Fitri itu berasal dari lingkungan di sekitar Masjid Agung Kota Sukabumi. Bertindak selaku imam adalah Ustadz Wahyu Ubaedillah dan khatibnya KH. Jujang Saefulloh. (*)