Pegawai Inspektorat Harus Menjadi Teladan dalam Pelaksanaan Urusan Pemda

oleh -
Pj. Sekda Kabupaten H. Barnas Adjidin, S.Pd., M.M.Pd. (tengah) didampingi Inspektur Kabupaten Dedi Sutadi, S.H. (kanan) dalam pembinaan pegawai Inspektorat Kabupaten .

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Pegawai Inspektorat harus menjadi teladan dalam pelaksanaan dan pelopor dalam penyelesaian urusan pemerintah daerah. Karena itu Inspektorat di daerah harus memiliki pegawai yang profesional berkualifikasi mumpuni dan menguasai urusan pemerintahan dengan baik.

Hal itu dikatakan Pj. Sekda Kabupaten , H. Barnas Adjidin, S.Pd., M.M.Pd. dalam arahan pada kegiatan pembinaan pegawai Inspektorat Kabupaten Sukabumi, Rabu (5/5/2021). Kegiatan pembinaan itu digelar di ruang rapat Inspektorat Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu.   

“Tugas Inspektorat ini sangat berat yaitu mengawasi pelaksanaan urusan-urusan  pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah. Karena itu pegawai Inspektorat harus profesional dan mumpuni,” kata Barnas.

Pegawai Inspektorat, ujar Pj Sekda, harus menguasai permasalahan-permasalahan urusan pemerintahan di daerah  dan menyelesaikannya dengan baik. 

“Seorang pegawai Inspektorat harus baik, jangan ada tugas yang tidak dikerjakan,” tuturnya.

Di era modern sekarang ini, pegawai Inspektorat juga harus mampu bekerja dengan menggunakan teknologi termutakhir. Tujuannya agar para pegawai Inspektorat dapat mengikuti dinamika dan perkembangan yang terjadi di lingkungan pemerintahan.  

Sementara itu Inspektur Kabupaten , Dedi Sutadi, S.H. menjelaskan, tujuan pembinaan yang digelarnya adalah untuk meningkatkan disiplin dan profesionalisme para ASN di lingkungan Inspektorat.

“Kegiatan ini  untuk peningkatan kinerja dan disiplin pegawai lingkup Inspektorat. Jumlah pegawai yang mengikuti pembinaan sebanyak 68 orang,” kata Dedi. (*)