Wali Kota Pastikan Operasi Ketupat untuk Keselamatan Masyarakat

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi bersama Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni ketika memeriksa kesiapan pasukan pada apel siaga Operasi Ketupat Lodaya 2021.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi memastikan Operasi Ketupat Lodaya 2021 bertujuan untuk menjamin keselamatan masyarakat. Melalui operasi tersebut, jajaran kepolisian dan unsur pendukung operasi akan berjaga di pusat perbelanjaan dan tempat ibadah untuk mengurai massa agar tidak terjadi kerumunan yang dapat memicu penyebaran Virus Corona.

Pernyataan wali kota itu disampaikan setelah memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2021 di Lapang Merdeka, Rabu (5/5/2021). Pada apel tersebut Fahmi membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang menyatakan menjelang Idul Fitri 1442 Hijriyah terjadi tren kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia sebesar 2,03 persen.

“Operasi ini untuk menekan kenaikan kasus Covid-19. Operasi akan menempatkan keselamatan masyarakat sebagai prioritas,” kata Fahmi.

Penguraian kerumunan di ruang publik seperti pusat perbelanjaan dan tempat ibadah, ujar dia, merupakan salah satu amanat yang disampaikan Kapolri. Karena itu seluruh jajaran Operasi Ketupat akan memaksimalkan penjagaan di beberapa titik keramaian.   

Untuk penindakan sanksi protokol kesehatan, pihaknya akan mengedepankan sikap preventif secara humanis. Biasanya penegakan hukum merupakan upaya terakhir jika aparat berhadapan dengan warga yang benar-benar bandel, keras kepala, tengil, dan sok tahu tidak mau mentaati prokes.

Kepada masyarakat, wali kota berpesan agar mematuhi larangan mudik yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Pilihan terbaik di tengah pandemi seperti sekarang adalah merayakan Idul Fitri di rumah bersama keluarga. Fahmi sendiri tidak akan mudik ke Depok, dia akan berlebaran di Kota Sukabumi.

“Hindari lokasi kerumunan, mari kita laksanakan Idul Fitri bersama keluarga dan tetap terapkan prokes,” ujarnya

Dia mengharapkan Idul Fitri berjalan dengan baik dan membawa kebahagiaan bagi masyarakat.

Apel gelar pasukan diselenggarakan dalam rangka mengecek kesiapan kesiapan berbagai unsur dalam pengamanan Idul Fitri melalui Operasi Ketupat Lodaya  2021.

Di tempat apel tampak hadir antara lain Waka Setukpa Lemdiklat Polri, Kombes Pol Drs Eko Rudi Yuswanto, Ketua DPRD Kota Sukabumi H. Kamal Suherman, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, dan Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo. (*)