Bank BJB Sukabumi Siapkan Uang 10 Miliar untuk Penukaran Uang Baru

oleh -
Manajer Operasional Bank BJB Sukabumi, Reni Nuraeni menunjukkan gepokan uang pecahan Rp10 ribu dan Rp20 ribu untuk ditukar dengan pencahan Rp100 ribu atau Rp50 ribu.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Iyus Firdaus PWI

Uang pecahan Rp2 ribu sampai Rp5 ribu dengan total Rp10 Miliar dipersiapkan Bank BJB Cabang Sukabumi untuk kebutuhan masyarakat yang akan menukarkan uang baru. Layanan tersebut telah dibuka Bank BJB sejak satu pekan yang lalu.

Hal itu disampaikan oleh Manajer Operasional Bank BJB Sukabumi, Reni Nuraeni ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (5/5/2021). Bahkan anggaran tersebut sejauh ini sudah keluar kurang lebih sebanyak Rp7 Miliar.

“Penukaran uang baru memang sudah berjalan sekitar satu Minggu yang lalu, dan memang dananya masih terbatas, karena kiriman uang dari  Bank BJB pusat belum semua,”kata Reni.

Menurut Reni anggaran tersebut apabila mengikuti keinginan nasabah atau masyarakat yang ingin menukar uang baru tidak akan tercukupi, namun pihak Bank BJB Sukabumi akan melayani kebutuhan tersebut secara adil. Masyarakat yang akan menukarkan uang baru untuk kebutuhan lebaran Idul Fitri juga dibatasi nominalnya.

“Kalau memungkinkan kondisinya untuk satu orang kita batasi mendapatkan 2 pack untuk masing-masing pecahan uang mulai dari Rp2 – 50 ribu. Apabila kondisinya semakin sedikit untuk pemerataan dan keadilan, kita batasi 1 nasabah 1 pack uang baru,”terangnya.

Sebelum adanya wabah virus Corona, biasanya Bank BJB melakukan mobil banking atau kas keliling untuk layanan penukaran uang baru di beberapa lokasi strategis yang mudah dijangkau masyarakat, namun sejak tahun lalu dan tahun ini pun layanan tersebut tidak bisa dilaksanakan.  “Karena kondisi pandemi Covid-19, kita prioritaskan keselamatan untuk menghindari penyebaran virus Corona. Untuk layanan penukaran uang baru kita melihat kondisi, selama uang pecahan masih tersedia, kami tetap melayani,”ujar Reni.

Pelayanan uang baru di bisa di dapatkan masyarakat melalui semua jaringan kantor Bank BJB Sukabumi, yang memiliki 1 kantor cabang, 3 kantor kas dan 3 KCP. Layanan bank BJB Sukabumi akan buka berdasarkan ketentuan dari pemerintah pelayanan perbankan sampai dengan H-1 (11/5/2021) dan kembali beroperasi (17/5/2021).

“Selama libur panjang kita sudah ada tim khusus seperti tahun lalu, memastikan layanan Bank BJB seperti ATM di 27 titik dalam kondisi baik yang bisa digunakan dengan baik oleh para nasabah,”tuturnya. (*)