DPRD Buka Informasi Seluas-luasnya ke Masyarakat Lewat Media Publik

oleh -
Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Sukabumi, HM. Faisal Anwar.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Seiring dengan era keterbukaan dan informasi, sudah saatnya DPRD membuka diri kepada masyarakat seputar kegiatan dan kiprah para wakil rakyat di dalam tubuh lembaga legislatif. Salah satunya dengan menyiarkan semua kegiatan para wakil rakyat melalui videotron yang dapat dipasang di ruang publik.

Demikian hal itu disampaikan Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional, HM. Faisal Anwar Bagindo kepada wartawan, Kamis (15/4/2021). Melalui videotron, DPRD dapat menyiarkan secara langsung rapat paripurna, rapat konsultasi, rapat dengan pendapat, dan kegiatan lainnya yang dapat disaksikan langsung oleh masyarakat.

“Saya usulkan kepada Sekretariat DPRD Kota Sukabumi untuk mewujudkan usulan saya ini. Saya yakin anggota DPRD yang lain juga setuju dengan usulan ini,” ujar Faisal.

Menurut dia, lokasi yang cocok untuk videotron itu di sekitar jalur pedestrian Jalan Ir. H. Juanda Kota Sukabumi. Selain letaknya tidak terlalu jauh dari Gedung DPRD, suasana di jalur pedestrian cocok untuk tempat menyaksikan kegiatan di lingkungan lembaga legislatif.

“Jadi masyarakat bisa menyaksikan tayangan videotron sambil menikmati suasana di lingkungan jalur pedestrian,” kata dia.

Selain untuk siaran langsung, tambah Faisal, videotron juga dapat memuat struktur fraksi, komposisi anggota di komisi, atau jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan para wakil rakyat. Lewat media publik tersebut, DPRD juga menyampaikan informasi seputar kinerja dan pencapaian oleh para anggota maupun lembaga.  

“Masyarakat memiliki hak untuk mengetahui dinamika dan perkembangan yang terjadi di lingkungan lembaga legislatif.  Hak ini harus dipenuhi oleh DPRD,” ujar Faisal. (*)