Rapat Bersama Presiden, Bupati Sampaikan Fokus Kerja untuk Pemulihan Ekonomi dan Kesehatan

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami bersama Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Iyos Somantri dan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara (depan, kanan) serta jajaran Forkopimda Kabupaten Sukabumi mengikuti rakornas kepala daerah terpilih pada Pilkada 2020 yang dibuka oleh Presiden RI.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, dia bersama jajaran akan bekerja keras untuk memenuhi harapan rakyat dan menjalankan kebijakan pemerintah pusat, khususnya Presiden Joko Widodo. Saat ini Marwan dan Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Iyos Somantri akan berkonsentrasi pada upaya pemulihan ekonomi dan kesehatan.

Pernyataan bupati itu disampaikan setelah mengikuti rapat koordinasi nasional (rakornas) para kepala daerah hasil Pilkada tahun 2020 secara virtual di Pendopo, Rabu (14/4/2021). Rakornas dibuka oleh Presiden Jokowi. Pada rapat itu, bupati hadir bersama Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Iyos Somantri dan Forkopimda Kabupaten Sukabumi.

“Kami telah melakukan semua yang diharapkan oleh Bapak Presiden, terutama dalam upaya pemulihan ekonomi dan kesehatan. Kita sudah refocusing APBD untuk pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19,” kata bupati. 

Bersamaan dengan itu, Pemkab Sukabumi telah membuat program skala prioritas di sektor pariwisata dan pertanian. Pada program ini, kata dia, Pemkab Sukabumi fokus pada infrastruktur penunjang pariwisata dan ekonomi. Pertanian dan pariwisata menjadi sektor unggulan di Kabupaten Sukabumi. 

“Selain itu proses investasi sudah tidak menjadi hambatan di Kabupaten Sukabumi. Pemkab Sukabumi telah memiliki lembaga perizinan satu pintu. Kita harus meyakini untuk secepatnya merealisasikan harapan masyarakat dan Pak Presiden,” tuturnya.

Sementara dalam arahannya, Presiden Jokowi menekankan sejumlah hal kepada Kepala Daerah hasil pilkada serentak 2020. Dia meminta seluruh kepala daerah membuat kebijakan yang fokus dengan skala prioritas jelas agar alokasi anggaran fokus dan terkonsentrasi.

“Anggaran jangan disebar di setiap dinas, tapi fokus terhadap skala prioritas. Sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Selain itu pengecekan dan pengontrolannya lebih mudah,” kata presiden. 

Selain itu, Presiden Jokowi meminta pemda fokus dalam pemulihan kesehatan dan ekonomi yang dalam hal ini termasuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19.

“Sosialisasikan penerapan protokol kesehatan dibantu oleh TNI dan Polri. Harus kerja detail, tidak bisa kerja sambil lalu untuk urusan Covid-19 ini. Dukung penuh program vaksinasi,” ucapnya.

Selain itu Presiden RI juga meminta daerah untuk mempermudah perizinan untuk investasi baru. Saat ini di tengah pandemi Covid-19, semua negara berkonsentrasi pada upaya menarik investasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan. (*)