Pembangunan Kampung Tematik di Sindangsari Menunggu Kepastian Anggaran Refocusing

oleh -
Lurah Sindangsari, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Jumyati.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Iyus Firdaus PWI

Kampung Tematik berwawasan wisata edukasi tahun ini apabila tidak terkena refocusing anggaran penanganan Covid-19 akan di fokuskan di Kelurahan Sindangsari, melalui dinas instansi terkait. Berdasarkan rancangan siteplan pembangunan tersebut berlokasi di RT 02 RW 05, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

“Warga sangat antusias menyambut pembangunan program kampung tematik, yang tentunya akan berdampak pada peningkatan ekonomi warga,”kata Lurah Sindangsari, Jumyati ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (13/4/2021).

Pada tahun 2020, Kelurahan Sindangsari meraih juara kesatu pada lomba kampung wisata tematik kreatif hasil dari juara tersebut untuk lebih menggali potensi baik dari sisi SDA  (Sumber Daya Alam) maupun SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada, di jelaskan Jumyati bahwa nantinya di wilayah yang dia pimpin, akan ada wisata air yang memanfaatkan sumber mata air dan aliran sungai.

“Rencananya dari wisata air tersebut, masyarakat atau para wisatawan bisa melakukan wisata snorkeling. Bukan hanya itu ada wisata tentang flora dan fauna juga,”terangnya.

Pada intinya baik masyarakat maupun jajaran Kelurahan Sindangsari menunggu program kelanjutan tersebut dari dinas terkait. Dan berharap program tersebut, anggaran tidak terkena dampak refocusing untuk penanganan Covid-19 atau kesuksesan program vaksinasi.

RW 05 Kelurahan Sindangsari juga berhasil dalam program kampung iklim (proklim) tahun 2020, dimana warganya telah memenuhi aspek pengelolaan lingkungan, mulai dari pengelolaan sampah, mitigasi lingkungan, ketahanan pangan, vegetasi flora dan faunanya.

“Alhamdulillah masyarakat kami sudah terbiasa mengelola lingkungan dan peduli terhadap lingkungan, dengan adanya kampung Wisata tematik tentunya akan membuat Kelurahan Sindangsari lebih terkenal lagi,”ungkapnya. (*)