Disdik dan Igora Kota Sukabumi Gelar Pelatihan Senam Joged Juara

oleh -
Suasana pelatihan senam joged juara yang diikuti para guru olahraga SD dan SMP se-Kota Sukabumi.

Wartawan Andris Soepriyatno

Editor Wawan AS

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas P dan K) dengan dukungan Ikatan Guru Olahraga (Igora) Kota Sukabumi menyelenggarakan pelatihan senam joged juara bertempat di Gedung Aher, Jalan Lingkar Selatan, Sukakarya, Kota Sukabumi, Kamis (8/4/2021). Pada pelatihan itu, penyelenggara melibatkan guru olahraga SD dan SMP se-Kota Sukabumi.

Pelatihan senam joged juara diresmikan oleh Sekretaris Dinas P dan K Kota Sukabumi, Yemmi Yohani yang didampingi salah satu Kasubbag Entang dan Ketua Igora Kota Sukabumi, Filah Saeful. Dalam pelaksanaannya, pelatihan tersebut memenuhi aturan dan ketentuan protokol kesehatan antara lain memakai masker dan menjaga jarak.

“Senam joged juara berupakan program nasional dari Bangkit Indonesia Maju yang bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Untuk mensukseskan program tersebut, kami mengundang para guru olahraga untuk mengikuti pelatihannya,” kata Yemmi.

Para peserta pelatihan berasal dari kalangan guru olahraga dengan ketentuan satu sekolah mengirimkan satu guru. Senam ini, ujar sekretaris dinas, berguna untuk mengisi kevakuman aktivitas fisik dalam proses belajar mengajar karena adanya wabah Covid-19.

“Melakukan gerakan seperti senam ini juga penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan di tengah pandemi,” tuturnya.

Pelatihan dibagi ke dalam tiga gelombang. Untuk gelombang pertama digelar pada Kamis pagi hingga siang  dengan peserta para guru SD di wilayah kecamatan-kecamatan Warudoyong,  Citamiang, dan Baros.

Gelombang kedua pada Kamis lewat tengah hari sampai sore dengan peserta para guru SD di kecamatan-kecamatan Cikole, Gunungpuyuh, Lembursitu, dan Cibeureum. Adapun gelombang ketiga pada Jumat (9/4/2021) dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB dengan peserta para guru SMP se-Kota Sukabumi.

Jumlah pesertanya mencapai 150 orang yang berasal dari Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Sementara Ketua Igora Kota Sukabumi menambahkan, tujuan dari pelatihan senam joged juara  adalah untuk menambah wawasan dan pembendaharaan senam para guru olahraga untuk diterapkan kepada peserta didik. Setelah dipraktikkan, senam tersebut dapat menngkatkan kebugaran para guru dan murid.

“Selain itu, pelatihan ini untuk mempererat silaturahmi anggota IGORA Kota Sukabumi,” tutur Filah. (*)