Jelang Ramadhan, Pergerakan Harga Pangan Relatif Stabil

oleh -
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi Andri Setiawan (kedua dari kanan) ketika memimpin pemantauan harga pangan di pasar modern menjelang tibanya bulan Ramadhan 1442 Hijriyah.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Lima hari menjelang tibanya bulan Ramadhan tahun ini, pergerakan harga bahan pangan di Kota Sukabumi relatif stabil dan aman, tidak terjadi peningkatan yang melonjak. Dua komoditas ‘wajib’ untuk munggah yaitu daging ayam dan daging sapi harganya memang naik tapi masih dalam batas kewajaran di tengah permintaan yang mulai naik.  

“Harga dan pasokan pangan di Kota Sukabumi cukup aman meski terjadi kenaikan harga untuk beberapa jenis bahan pangan,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi Andri Setiawan di tengah kesibukan pemantauan harga pangan, Kamis (8/4/2021).

Harga daging ayam broiler naik perlahan hingga mencapai Rp 40 ribu per kilogram, sementara harga daging sapi masih di kisaran Rp120 ribu per kilogram.

Dalam operasi pemantauannya, Andri dan jajaran mendatangi sejumlah  pasar tradisional dan pasar modern.  Lokasi yang didatangi tim pemantau antara lain Pasar Degung, Pasar Pelita,  Pasar Ciwangi, Yogya Department Store, dan Superindo City Mall.

“Kegiatan pemantauan ini dalam rangka menyediakan data yang akurat tentang harga serta pasokan pangan sebagai bahan deteksi dini guna mengantisipasi terjadinya gangguan distribusi dan melonjaknya harga pangan,” ujar dia.

Pada pemantauan tersebut, jajaran DKP3 mengambil 10 sampel daging sapi, 5 sampel daging ayam, serta beberapa sampel buah dan sayuran dari beberapa pedagang. Selanjutnya sampel-sampel tersebut akan diperiksa dan diuji di laboratorium untuk memastikan keamanannya. (*)