Kecamatan Cikole Support Keberadaan UMKM di Wilayahnya

oleh -
Camat Cikole, Fitrya Kusnaningsih memberikan perhatian pada produk-produk lokal Sukabumi, termasuk Kopi Jawara.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Iyus Firdaus PWI

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah kondisi pandemi Covid-19 memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi, wajar kalau pemerintah memberikan perhatian khusus kepada para UMKM agar roda ekonomi bisa terus bangkit, seperti halnya dengan Kecamatan Cikole yang selalu memberikan support atau dukungan terhadap UMKM di wilayahnya.

“Kurang lebih ada 50 UMKM di wilayah Kecamatan Cikole, saat ini kami sedang merekapitulasi keberadaan mereka, mana saja yang sudah berkembang dan masih membutuhkan bantuan pemasaran,”kata Camat Cikole, Fitrya Kusnaningsih ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (8/4/2021).

Keberadaan UMKM di Kecamatan Cikole menyebar, ada di Kelurahan Cisarua, Subang jaya, Cikole dan Gunung Parang. Mereka juga memasarkan produknya di beberapa lokasi, seperti Wisata Kuliner Toserba Selamat yang saat ini sudah menampung sebanyak 24 UMKM.

Bahkan para UMKM juga dibantu oleh Perpustakaan Cisarua dalam memasarkan produknya melalui literasi dibawah pimpinan Yusmeli Japar, juara Perpustakaan tingkat nasional.

“Warga yang baru mau membuka usahanya, bisa belajar tentang dunia usaha oleh Pa Yusmeli di Perpustakaan Cisarua, mulai dari usaha apa yang cocok dan cara memasarkan produk usahanya. Begitupun dengan para UMKM yang kesulitan memasarkan produknya, kita fasilitasi juga dengan Diskop-Umkm Dagrin dan DPMPTSP,”ujar Fitrya.

Kehadiran produk lokal Kopi Jawara juga disambut baik oleh Fitrya dan jajaran Kecamatan Cikole, walau dia bukan penikmat kopi, namun Kopi yang di launching oleh Wali Kota Sukabumi, H Achmad Fahmi akan di suguhkan kepada para tamu yang berkunjung ke kantor Kecamatan Cikole dan akan dijadikan pula sebagai oleh-oleh khas Kota Sukabumi untuk kerabat dan saudaranya di luar Kota.

“Kami  selalu dukung keberadaan UMKM, bahkan ketika butuh bantuan untuk pemasaran produk kita selalu support. Seperti Kopi Jawara dari aromanya tercium citra rasa Kopi yang peuleum ditegukan, saya akan bawa Kopi ini untuk cendramata khas Kota Sukabumi,”ungkapnya. (*)

Pelatihan pembuatan barang kerajinan tangan untuk mendorong peningkatan produktivitas kaum perempuan.

Kegiatan pelatihan cooking class yang memberikan keterampilan memasak dengan menu umbi-umbian.